Senin, 30 Januari 2012

Zamrud di bawah Katulistiwa ( Derawan Island )


DERAWAN ISLAND, SURGANYA KALIMANTAN TIMUR.


Pintu masuk Pulau derawan 

                                                               Pulau Kakaban



                                                                Senja di pulau Derawan



Pulau Sangalaki


                                                  Pelabuhan Speed Boad Pulau Derawan

                                                           Pulau Samama

Danau Air Tawar Di Pulau Kakaban


Derawan Island/ Pulau Derawan, adalah pulau yang terletak di Kalimantan Timur ini memang cukup mempesona. Dengan suku aslinya yang bernama Suku Bajo. Suku yang berasal dari filipina dan terkenal sebagia suku pelaut. Tempat ini berada di Kabupaten Berau atau tanjung Redep, sekitar 2 jam perjalanan darat di tempuh dari Kabupaten terdekat yaitu Kabupaten Bulungan dengan menggunakan Mobil pribadi atau travel dan 2,5 jam menggunakan Sepeda Motor. Pulau yang teletak tidak jauh dari Tanjung Batu hanya cukup menyebrang 30 menit saja menggunakan Speed Boat.

           Deretan Pulau yang tidak jauh dari Derawan juga terdapat pulau yang cukup Indah..yaitu Maratua Island, Kakaban Island dan Sangalaki Island. Dan sebenarnya banyak lagi gugusan pulau di sekitarnya, salah satunya adalah pulau samama yang tak berpenghuni tapi banyak pohon-pohon nyiur yang begitu apik menjadi pagar hidup mengelilinginya.
Di Pulau Maratua ini terdapat b
inatang Ubur-ubur yang tidak dapat menyengat dan berbisa, dan hanya ada 2 tempat di dunia ini yang memiliki ekosistem ubur-ubur. Yaitu Indonesia dan Filipina . Berenang dengan di kelilingi ribuan ubur-ubur yang tidak berbahaya karena berada di air tawar.  Kakaban Island ini berbentuk seperti cincin dan danau  air tawar.
Pulau yang
begitu indah mempesona dan sangat luar biasa indahnya adalah Sangalaki Island, di sini kita bisa melihat Ikan Pari berkeliaran dan juga penyu berkumpul, dengan birunya air laut yang indah membuai, dan tidak kalah menariknya dengan pantai-pantai di pulau dewata/ Bali atau Pulau lombok. Dan di pulau sanga laki ini untuk penyunya dilindungi. Karena sudah masuk daerah konservasi, karena sudah dalam pengawasan WWF.

Dari Tarakan - Derawan - Tarakan (Anda bisa sewa speed boat karena jaraknya 3 jam jadi memang agak mahal sewa'nya sekitar 3 jt untuk max 6 orang)
atau dari Tarakan-Tanjung selor naik speed boad sekitar 2 jam tarif Rp 180 ribu, lalu dari Tanjung selor- Berau perjalanan lewat darat 2 jam perjalanan dengan travel tarif Rp 200 ribu. Atau kalau lewat udara dari Balikpapan- Berau PP waktu setengah jam.
Derawan - Island Hopping (Untuk 2 hari) bisa sewa speed boat di sana cukup murah 2 jt untuk 2 hr bisa share untuk max 6 orang
.

Tarif Hotel di sana paling murah ada di Losmen Danakan/ Home stay cuma
150 rb per hari, dan lokasi berada di pinggir laut..bisa langsung mancing dari depan kamar..atau berendam main2 sama penyu dan bisa menikmati banyak menu makanan sari laut.

Derawan Island adalah wisata alternatif selain Pulau bali dan lombok untuk wilayak Kalimantan Timur.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar