Senin, 30 Januari 2012

Contoh RENSTRA / PROKER TAHUNAN TEKNIK SEPEDA MOTOR



KATA PENGANTAR


Puji syukur kehadirat Allah SWT., atas rahmat dan hidayah-Nya sehingga penyusunan Program Kerja Tahunan Kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor ini dapat terselesaikan.

Program Kerja Kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor ini termasuk dalam Renstra/ Rencana Stategi. Dimana Program kerja ini adalah bentuk dari penjabaran Rencana Induk Pengembangan Sekolah (RIPS) yang berfungsi sebagai acuan atau pedoman dalam penyelenggaraan pendidikan khususnya kelancaran Kegiatan Belajar Mengajar ( KBM ) di Kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor.
Program kerja ini akan berarti jika dapat diimplementasikan dan diterapkan dalam kegiatan pembelajaran/ Diklat di sekolah secara berkelanjutan melalui koordinasi, evaluasi dan validasi yang dinamis dengan melibatkan semua unsur pendukung pendidikan, yang meliputi segenap tenaga pengajar, staf tata usaha, pemerintah, dunia usaha/dunia industri, komite sekolah dan masyarakat sekitarnya, sehingga dapat memberi dukungan yang positif untuk mencapai Visi dan Misi sekolah. 

Adapun pelaksanaan program kerja Kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor dalam bentuk yang sederhana ini diharapkan dapat terwujud secara nyata, efektif dan efisien pada proses Kegiatan Belajar Mengajar ( KBM ). Akhirnya semoga program kerja ini dapat dilaksanakan secara konsisten dan berkelanjutan/ Berkesinambungan.

                          Tanjung Selor,      Januari 2012
                                                                     Ketua Kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor
                             SMK Negeri 3 Tanjung Selor



                                                                             Moh. Ulur Rosyad SN, S.Pd
                                                                               NIP. 197904252010011012








DAFTAR  ISI

KATA PENGANTAR ..........................................................................................................................  i
DAFTAR ISI   ..................................................................................................................................... ii
PENDAHULUAN   .............................................................................................................................. 3
PROGRAM KERJA TAHUN DIKLAT 2011/2012   .............................................................................     5
PENUTUP   ........................................................................................................................................ 8

LAMPIRAN  .............................................................................................................................. 10







BAB I
 PENDAHULUAN

A.            Visi dan Misi SMK Negeri 3 Tanjung Selor


1.    V I S I


Terwujudnya lembaga pendidikan dan pelatihan kejuruan yang mampu memanfaatkan teknologi rekayasa sebagai teknologi terapan dan jasa unit produksi untuk menghasilkan sumber daya yang siap kerja, cerdas dan kompeten sesuai dengan keahliannya dan berwawasan lingkungan.

2.                       M I S I


1.      Meningkatkan profesionalisme dan akuntabilitas sebagai lembaga pendidikan dan pelatihan kejuruan
2.      Melaksanakan sistem pendidikan  dan  pelatihan berbasis kompetensi dengan memanfaatkan teknologi rekayasa sebagai teknologi terapan dan jasa unit produksi secara optimal sesuai dengan potensi yang dimiliki.
3.      Mengupayakan mutu layanan pendidikan kejuruan sesuai dengan tuntutan masyarakat dan dunia usaha/dunia industri.
4.      Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama yang dianut dan budaya bangsa sehingga menjadi sumber kearipan dalam bertindak.
5.      Meningkatkan peran serta masyarakat dan dunia usaha/dunia industri  dalam pelaksanaan  pendidikan dan pelatihan
6.      Memanfaatkan bahasa Internasional sebagai sarana menuju lembaga pendidikan yang menghasilkan tamatan  berwawasan global.



B.        Tujuan Umum Dan Khusus

1.             Tujuan Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan

Tujuan pendidikan sekolah menengah kejuruan adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan kejuruannya.
Pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu (UUSPN Penjelasan Pasal 15).
Tujuan pendidikan kejuruan yang dituangkan dalam UU tersebut dapat dijabarkan lebih lanjut menjadi tujuan umum dan tujuan khusus sebagai berikut.

a.       Tujuan Umum

Sebagai bagian dari sistem pendidikan menengah,secara umum Sekolah Menengah Kejuruan bertujuan :
·           Menyiapkan peserta diklat agar dapat menjalani kehidupan secara layak;
·           Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan peserta diklat;
·           Menyiapkan peserta diklat agar menjadi warga negara yang mandiri dan bertanggung jawab;
·           Menyiapkan peserta diklat agar memahami dan menghargai keanekaragaman budaya bangsa Indonesia;
·           Menyiapkan peserta diklat agar dapat menerapkan dan memelihara hidup sehat, memiliki wawasan lingkungan, pengetahuan dan seni.

b.      Tujuan Khusus

Secara khusus, Sekolah Menengah Kejuruan bertujuan :
·         Menyiapkan peserta diklat agar dapat bekerja, baik secara mandiri atau mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan dunia industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah, sesuai dengan bidang dan program keahlian yang diminati;
·         Membekali peserta diklat agar mampu memilih karir, ulet dan gigih dalam berkompetisi, dan mampu mengembangkan sikap profesional dalam bidang keahlian yang diminatinya;
·         Membekali peserta diklat dengan ilmu pengetahuan dan teknologi agar mampu mengembangkan diri melalui jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
·         Mewujudkan Lembaga Pendidikan Kejuruan yang Akuntabel sebagai Pusat Pembudayaan Kompetensi Berstandar Internasional.
·         Mendidik Sumber Daya Manusia yang mempunyai etos kerja dan kompetensi berstandar Internasional.
·         Memberikan berbagai Layanan Pendidikan Kejuruan yang Permeable dan Flexible secara terintegrasi antar jalur dan jenjang Pendidikan.
·         Memperluas layanan dan pemerataan mutu pendidikan kejuruan.
·         Mengangkat keunggulan lokal sebagai modal daya saing bangsa.
·         Menjamin keberlangsungan penyelenggaraan pendidikan sesuai kebutuhan masyarakat.
·         Memanfaatkan sumber daya yang ada di masyarakat untuk penyelenggaraan pendidikan.
·         Mengoptimalkan sumber daya pendidikan untuk meningkatkan layanan dan pemerataan mutu pendidikan kejuruan.

2.             Tujuan SMK Negeri 3 Tanjung Selor

1.      Tujuan Umum

a)      Mempersiapkan peserta didik agar menjadi manusia produktif, mampu bekerja mandiri, mengisi lowongan pekerjaan yang ada di Dunia Usaha / Dunia Industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah, sesuai dengan kompetensi dalam program keahlian pilihannya.
b)      Membekali peserta didik agar mampu memilih karir, ulet dan gigih dalam berkompetensi, beradaptasi dilingkungan kerja dan mengembangkan sikap professional dalam bidang keahlian yang diminatinya.
c)      Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni agar mampu mengembangkan diri dikemudian hari baik secara mandiri maupun melalui jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

2.      Tujuan Khusus
a)      Pengembangan Manajemen dan Organisasi Bidang Kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor : mengadakan pembagian tugas dan tanggung jawab secara proporsional serta menciptakan iklim kerja yang kondusif.
b)      Pengembangan KBM : bekerja sama dengan waka Kurikulum mengembangkan kurikulum yang sesuai kebutuhan masyarakat dan DU/DI melalui kurikulum alternatif dan pelaksanaan KBM melalui penyusunan jadwal pelajaran Kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor.
c)      Pembinaan Kesiswaan : bekerjasama dengan waka kesiswaan agar siswa termotivasi agar siswa termotivasi untuk mengikuti pendidikan inovatif, kreatif dan produktif serta berinisiatif mengembangkan dirinya sehingga memiliki kemampuan tambahan yang dapat menunjang peran utamanya.
d)     Pengembangan Fasilitas : bekerja sama dengan waka Sarana dan Prasarana dalam bidang pengadaan, pengadministrasian, pemeliharaan dan perbaikan serta pemanfaatn peralatan dan bahan praktek yang ada di sekolah, khususnya Kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor.
e)      Pengembangan Hubungan Kerja Industri : bekerja sama dengan waka Humas dalam upaya menjalin kerjasama antara pihak sekolah dengan DU/DI melalui berbagai kegiatan seperti praktek kerja industri, uji kompetensi, program magang/pelatihan untuk guru Bidang Kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor.


C.       Sasaran
1.             Seluruh personel yang ada di Kompetensi  Keahlian Teknik Sepeda Motor SMK Negeri 3 Tanjung Selor, meliputi guru, karyawan dan siswa.
2.             Sumber daya/fasilitas berupa : bangunan, alat, meubeler, bahan, lahan, lingkungan dan dana.




BAB II
PROGRAM KERJA TSM TAHUN DIKLAT 2011/2012

A.    Kegiatan Awal Tahun
  1. Organisasi dan Manajemen
a.       Menyusun struktur organisasi, uraian tugas dan mekanisme kerjanya.
b.      Menyusun pembagian tugas sesuai dengan struktur organisasi.
c.       Menyusun program kerja Kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor.
d.      Melaksanakan inventarisasi peralatan bengkel Sepeda Motor
  1. Pengembangan KBM
a.       Menata kelengkapan kurikulum Kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor.
b.      Melakukan koordinasi dengan waka Kurikulum dalam penyusunan jadwal mata diklat/ Struktur Kompetensi pada Kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor.
  1. Pelaksanaan Kesiswaan
a.       Berkoordinasi dengan waka kesiswaan menyusun program Penerimaan Siswa Baru (PSB).
b.      Melaksanakan pendaftaran PSB.
c.       Melaksanakan seleksi PSB.
d.      Melaksanakan kegiatan Orientasi/ MOS bagi siswa baru.
e.       Berkoordinasi dengan waka Kesiswaan dan BP untuk pembinaan- pembinaan terhadap siswa-siswi yang bermasalah.
  1. Pengembangan Fasilitas
a.       Melakukan koordinasi dengan waka Sarana dan Prasarana menyusun kelengkapan bahan dan peralatan praktek siswa untuk Kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor.
b.      Menganalisa kebutuhan alat dan bahan praktek.
c.       Menginventarisasi peralatan dan sarana prasarana pendukung praktek dan Bengkel
  1. Pengembangan Hubungan Kerja Industri
a.         Melaksanakan promosi sekolah melalui brosur dan iklan ke lingkungan sekitar dengan berkoordinasi dengan waka Humas.
b.         Melaksanakan praktek kerja industri( Prakerin )/ Pendidikan Sistem Ganda/PSG
c.         Menjalin kemitraan dan kerjasama dengan Dunia Usaha/DU dan Dunia Industri /DI dan berkoordinasi dengan Waka Humas

B.     Program Kegiatan Operasional
  1. Organisasi dan Manajemen
a.       Memasyarakatkan dan mengaplikasikan Visi dan Misi SMK Negeri 3 Tanjung Selor.
b.      Mendelegasikan tugas, tanggung jawab dan wewenang kepada staf.
c.       Melengkapi dokumen-dokumen administrasi.
  1. Pengembangan KBM
a.       Memotivasi tenaga pengajar Kompetensi Keahlian Teknik Teknik Sepeda Motor untuk menyusun bahan ajar (modul, diktat, lembar kerja dll)
b.      Memotivasi tenaga pengajar guna kelancaran proses pemelajaran, kegiatan pengayaan dan perbaikan hasil belajar siswa Kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor.
c.       Melaksanakan Uji Kompetensi (Project Work).
  1. Pembinaan Kesiswaan
a.       Membina kedisiplinan siswa, khususnya Kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor.
b.      Melaksanakan bimbingan siswa berkoordinasi dengan guru BP/BK.
c.       Membina kegiatan OSIS dan ekstrakurikuler berkoordinasi dengan waka kesiswaan dan pembina OSIS dan pembina ekstrakurikuler.
d.      Menerapkan Rewoard dan Punisment bagi Siswa Kompetensi keahlian Teknik Sepeda Motor

  1. Pengembangan Fasilitas
a.       Menyusun pengadaan bahan-bahan praktik untuk Kompetensi Keahlian  Teknik Sepeda Motor.
b.      Menyusun pengadaan peralatan praktik.
c.       Menyusun tata tertib pemanfaatan fasilitas Bidang Keahlian.
d.      Menginventarisasi peralatan dan sarana prasarana praktik dan bengkel


  1. Pengembangan Hubungan Kerja Industri
Melaksanakan kegiatan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) di DU/DI untuk siswa Kompetensi Keahlian Teknik Teknik Sepeda Motor bekerjasama dengan pihak/instansi (DU/DI) terkait berkoordinasi dengan Waka Humas.

C.    Kegiatan Akhir Tahun
1.      Organisasi dan Manajemen
a.       Mengevaluasi keterlaksanaan program.
b.      Mengevaluasi kelengkapan program.
c.       Mengevaluasi struktur organisasi.
d.      Menindaklanjuti hasil evaluasi.
e.       Membuat laporan tahunan.
2.      Pengembangan KBM
a.       Mengevaluasi keterlaksanaan program.
b.      Menindaklanjuti hasil evaluasi.
3.      Pembinaan Kesiswaan
a.       Mengevaluasi keterlaksanaan program.
b.      Menindaklanjuti hasil evaluasi.
2.      Pengembangan Fasilitas
a.       Mengevaluasi kelengkapan dokumen sarana dan prasarana KOmpetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor.
b.      Membuat laporan keadaan sarana dan prasarana.
c.       Menugusulkan penambahan dan atau  pengadaan sarana dan prasarana yang diperlukan pada tahun 2011/2012.
d.      Menindaklanjuti hasil evaluasi.
3.      Pengembangan Hubungan Kerja Industri DU/DI
Mengevaluasi keterlaksanaan program.




BAB III
PENUTUP

Program kerja tahunan Kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor SMK Negeri 3 Tanjung Selor tahun diklat 2011/2012 ini merupakan penjabaran dari rencana induk pengembangan sekolah (RIPS) yang keberadaannya digunakan sebagai pedoman dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari di SMK Negeri 3 Tanjung Selor khususnya Kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor.
Mengingat fungsinya, semoga program kerja tahunan ini dapat menjadi pedoman bagi semua unsur yang terlibat didalamnya dan dapat diimplementasikan secara nyata dan konsisten dan berkesinambungan serta terkoordinasi dengan baik menuju tercapainya Visi dan Misi SMK Negeri 3 Tanjung Selor.
Atas perhatian dan kerjasama dari semua pihak disampaikan terima kasih.


                                                                                 Tanjung Selor,       Januari 2012
 Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                          Ketua Kompetensi Keahlian
SMKN 3 Tanjung Selor                                             Teknik Sepeda Motor




Drs. Baharuddin Talib                                             Moh. Ulur Rosyad SN, S.Pd                            NIP.196706091997021003                                       NIP. 197904252010011012


Lampiran- lampiran

A.    TUGAS POKOK DAN FUNGSI


1.        Tugas Ketua Kompetensi Keahlian
·       Menyusun struktur organisasi, uraian tugas dan mekanisme kerjanya
·       Menyusun pembagian tugas sesuai dengan struktur organisasi
·       Menyusun program kerja bidang Kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor (TSM)
·       Melaksanakan inventarisasi peralatan laboraturium Kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor
·       Menata kelengkapan kurikulum Program Kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor
·       Melakukan koordinasi dengan waka Kurikulum dalam penyusunan jadwal mata diklat / KBM KOmpetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor
·       Berkoordinasi dengan waka kesiswaan menyusun program Penerimaan Siswa Baru (PSB)
·       Melaksanakan pendaftaran dan seleksi PSB
·       Melaksanakan kegiatan Orientasi bagi siswa baru
·       Melakukan koordinasi dengan waka Sarana dan Prasarana menyusun kelengkapan bahan dan peralatan praktek siswa untuk Kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor
·       Menganalisa dan menginventarisasi kebutuhan alat dan bahan praktek
·       Melaksanakan promosi sekolah melalui brosur dan iklan ke lingkungan sekitar dengan berkoordinasi dengan waka Humas
·       Memasyarakatkan Visi dan Misi SMK Negeri 3 Tanjung Selor
·       Melengkapi dokumen-dokumen administrasi
·       Memotivasi tenaga pengajar KOmpetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor untuk menyusun bahan ajar (modul, diktat, lembar kerja dll)
·       Memotivasi tenaga pengajar guna kelancaran proses pembelajaran, kegiatan pengayaan dan perbaikan hasil belajar siswa Kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor
·       Melaksanakan Uji Kompetensi (Project Work)
·       Membina kedisiplinan siswa, khususnya Kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor
·       Melaksanakan bimbingan siswa berkoordinasi dengan guru BP/BK
·       Membina kegiatan OSIS dan ekstrakurikuler berkoordinasi dengan waka kesiswaan dan pembina OSIS dan pembina ekstrakurikuler
·       Menyusun pengadaan ruang laboraturium komputer untuk Kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor
·       Menyusun pengadaan peralatan melalui proyek-proyek
·       Menyusun tata tertib pemanfaatan fasilitas Bidang Keahlian
·       Melaksanakan kegiatan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) di DU/DI untuk siswa Kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor bekerjasama dengan pihak/instansi (DU/DI) terkait berkoordinasi dengan Waka Humas
·       Mengevaluasi keterlaksanaan program
·       Mengevaluasi kelengkapan program
·       Mengevaluasi struktur organisasi
·       Menindaklanjuti hasil evaluasi
·       Membuat laporan tahunan
·       Mengevaluasi keterlaksanaan program

2.        Tugas Wali Kelas
·           Mengadakan pembentukan pengurus kelas
·           Membuat dan mengisi buku kelas, meliputi :
a.    Buku daftar kelas
b.    Presensi kelas
c.    Jurnal kelas
·      Merekap dan mengumumkan nilai sub sumatif dan membagikan raport kepada siswa/wali murid
·      Selalu memonitor kelasnya dalam semua kegiatannya, keadaan SPP-nya dan lain-lain
·      Selalu menanamkan perilaku sopan, disiplin dan pekerti yang luhur kepada semua siswa
·      Selalu menanamkan rasa kebersamaan dan gotong royong pada semua siswa sehingga kelas merupakan home room bagi siswa dan tercipta suasana belajar yang nyaman
·      Selalu mengidentifikasi gejala-gejala yang kurang menguntungkan kesehatan dan kesejahteraannya.
·      Selalu aktif memotifasi siswa agar timbul kreatifitasnya untuk menunjang keberhasilan studinya
·      Membuat laporan kepada kepala sekolah tentang keadaan kelasnya masing-masing setiap akhir bulan
·      Memahami dan melaksanakan 10 langkah wali kelas

3.        Tugas Guru
·       Memberikan pelajaran sesuai dengan bidang studi yang ditetapkan oleh kepala sekolah
·       Memulai dan mengakhiri tugas sesuai dengan waktu yang telah ditentukan
·       Memeriksa dan mengisi daftar hadir siswa dan jurnal mengajar
·       Mananda tangani presensi yang telah disediakan
·       Memparaf presensi siswa setiap jam mengajar
·       Membuat catatan khusus anak-anak yang tidak mengikuti pelajaran
·       Membuat program semester/tahunan
·       Membuat satuan pelajaran/RPP
·       Membawa satuan pelajaran/RPP setiap melaksanakan tugas mengajar
·       Membuat data daya serap setiap pelaksanaan formatif maupun sumatif
·       Berupaya memenuhi target kurikulum yang telah ditentukan oleh GBPP
·       Membuat rencana kegiatan kurikuler dan melaksanakannya
·       Menyerahkan hasil evaluasi kepada wali kelas/bagian kurikulum tepat pada waktunya
·       Menciptakan suasana yang tertib dan tenang pada waktu menyampaikan pelajaran
·       Memberi tugas-tugas bermanfaat, menarik dan merangsang motivasi siswa yang berkaitan dengan bidang studinya, apabila dengan sangat terpaksa tidak dapat melaksanakan tugas sebagaimana yang telah ditentukan
·       Melaksanakan tugas-tugas tambahan yang diatur oleh kepala sekolah

4.        Tugas Toolman
·      Memperbaiki dan merawat peralatan bengkel di Kompetensi Keahlian Teknik Sepeda Motor
·      Membuat rincian dan inventarisasi peralatan dan sarana prasarana Bengkel
·      Melaksanakan pendampingan dalam kegiatan Praktik guru produktif dan siswa
·      Membantu proses pembelajaran yang memanfaatkan sarana prasrana di Bengkel dan Unit Produksi
·      Membantu pengelolaan data administrasi manajemen bengkel/ unit produksi sekolah dan pengembangannya.
·      Mengikuti Pelatihan administrasi manajemen Bengkel.
·      Menyiapkan dan menyediakan dan pemeliharan peralataan praktik saat pembelajaran Produktif di bengkel dan Unit Produksi.


  

B.     HAK DAN KEWAJIBAN SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK SEPEDA MOTOR SMK NEGERI 3 TANJUNG SELOR


·       Mendapatkan pendidikan agama sesuai dengan agama yang dianutnya dan diajarkan oleh pendidik yang seagama
·       Mendapatkan pelayanan pendidikan sesuai bakat, minat dan kemampuannya
·       Mendapatkan beasiswa bagi yang berprestasi yang orang tuanya tidak mampu membiayai pendidikannya
·       Pindah ke program pendidikan pada jalur dan satuan pendidikan lain yang setara
·       Menyelesaikan program pendidikan sesuai dengan kecepatan belajar masing-masing dan tidak menyimpang dari ketentuan batas waktu yang ditetapkan
·       Menjaga norma-norma pendidikan untuk menjamin keberlangsungan proses dan kkeberhasilan pendidikan
·       Ikut menanggung biaya penyelenggaraan pendidikan, kecuali bagi peserta didik yang dibebaskan dari kewajiban tersebut sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku
·       Memperoleh reward/ penghargaan bagi yang berprestasi dan punishment/ sangsi yang melanggar tata tertib sekolah.




C.  TATA TERTIB SISWA
KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK SEPEDA MOTOR
SMK NEGERI 3 TANJUNG SELOR

A.    Waktu Masuk Sekolah
1.      Hari Senin s.d. Sabtu : 07.15 – 13.05 Wita
2.      Siswa yang menjadi petugas upacara maupun petugas komisaris/kebersihan kelas diharuskan datang 15 menit sebelum jam pemelajaran dimulai.

B.     Ketentuan Pakaian
1.      Siswa harus menggunakan pakaian resmi sekolah.
Senin s.d. Selasa         : seragam putih abu.
Rabu s.d. Kamis          : seragam khusus/ jurusan       
Jum’at s.d. Sabtu        : pakaian pramuka (coklat)
2.      Siswa menggunakan pakaian dengan rapi dan sopan, seperti : ikat pinggang, memasukkan baju dsb.
3.      Siswa tidak diperkenankan menggunakan sandal dalam kegiatan pembelajaran, kecuali satu dan lain hal.
4.      Bagi Siswa Putri dianjurkan menggunakan pakaian jilbab.
5.      Siswa harus menggunakan pakaian praktek pada saat mengikuti pelajaran produktif di Bengkel / Laboratorium.
6.      Siswa harus menggunakan pakaian olahraga pada saat mengikuti pelajaran Penjas/Olahraga.





C.    Waktu Pembelajaran Berlangsung

1.      Sebelum pelajaran dimulai menjadi petugas komisaris/kebersihan kelas menyiapkan alat bantu pelajaran seperti : kapur tulis/spidol, penghapus, daftar hadir dll.
2.      Siswa harus menjaga ketertiban, keamanan dan ketenangan selama proses pemelajaran.
3.      Siswa yang terlambat terlebih dahulu melapor pada guru piket, wali kelas/guru BP/BK.
4.      Siswa yang akan meninggalkan kelas karena satu dan lain hal, harus mendapat izin dari guru yang mengajar di kelasnya.
5.      Sebelum jam pertama dan sesudah jam terakhir selesai, Siswa diharuskan berdoa menurut agama dan kepercayaannya masing-masing.
6.      Siswa yang berhalangan masuk sekolah karena suatu hal (sakit maupun izin) harus membuat surat keterangan tidak masuk sekolah.

D.    Waktu Jam Kosong dan Di Luar Jam Pemelajaran

1.      Jika guru bersangkutan tidak atau belum datang, siswa tidak diperkenankan keluar dari kelas tapi diisi dengan kegiatan belajar atau diskusi.
2.      Pada jam istirahat, siswa tidak diperkenankan keluar dari komplek atau lokasi sekolah.
3.      Jika ada keperluan dan terpaksa keluar dari sekolah, siswa agar melapor kepada guru piket/guru BP/BK.
4.      Siswa tidak diperkenankan menerima tamu di dalam kelas, tetapi bisa di kantor atau diluar kelas.

E.     Ketentuan-Ketentuan Lain
1.      Siswa dilarang merokok baik didalam maupun di luar sekolah.
2.      Siswa dilarang terlibat dalam maslah narkoba, perkelahian dan tindak kejahatan baik di sekolah maupun di luar sekolah.
3.      Siswa wajib menjaga kehormatan diri, keluarga da sekolah.

F.     Sanksi / Hukuman
Siswa yang melanggar tata tertib ini akan diberikan : teguran, panggilan orang tua, skorsing dan terakhir diberhentikan dari sekolah Apabila point pelanggaran mencapai angka kredit pelanggaran : 100 point dalam 1 tahun pembelajaran. Secara Otomatis Siswa dikembalikan ke orang tua siswa.

Tanjung Selor,      Januari  2012
                                                                                             Ketua kompetensi keahlian,
                                                                                             Teknik Sepeda Motor



                                                                                            Moh. Ulur Rosyad SN, S.Pd
                                                                                            NIP. 197904252010011012




















Tidak ada komentar:

Poskan Komentar