Minggu, 29 Januari 2012

The Motorcycle Diaries ( Che Guevara on a motorcycle tour Argentina )

In 1949 he began his first long journey, exploring northern Argentina with just a biker. That's for the first time he had direct contact with the poor and the rest of the Indian tribes.Subsequently in 1951 after a mid-term exams Che a longer journey, accompanied by a friend and for living his life he worked as a part-time workers. He visited South America, Chile where he met Salvador Allende, and in Peru he worked together for several weeks in Leprasorium San Pablo, he arrived in Colombia during La Violencia, in Venezuela he was arrested but released again, and he also visited Miami. 

LEMBAR PENILAIAN UJIAN PRAKTIK KEJURUAN TSM 2011-2012


 
 
 
 

                           UJIAN NASIONAL
                                             TAHUN PELAJARAN 2011/2012

                            Lembar Penilaian          Paket 1

                             ujian Praktik KEJURUAN

          Satuan Pendidikan                     :           Sekolah Menengah Kejuruan
Kompetensi Keahlian                 :           Teknik Otomotif Sepeda Motor
Kode                                          :           1316
Alokasi Waktu               :           18  jam
Bentuk Soal                               :           Penugasan Perorangan

  












 



Nomor  Peserta       :

Nama Peserta  :                                                                                              


 
No
 
Komponen/Sub komponen Penilaian
Pencapaian Kompetensi
Tidak
Ya
7,0-7,9
8,0-8,9
9,0-10
1
2
3
4
5
6
I
Persiapan Kerja




1.1 Berpakaian kerja




1.2 Menyiapkan Alat




1.3 Tempatkan kendaraan pada area
      servis/ bike lift




Skor Komponen :

II
Proses (Sistematika & Cara Kerja)




2.1 Tune Up




   2.1.1 Membersihkan filter udara




   2.1.2 Memeriksa/membersihkan
            /menyetel celah busi




   2.1.3 Memeriksa/menyetel renggang
             Katup




   2.1.4 Memeriksa/membersihkan saluran 
            bahan bakar




   2.1.5 Memeriksa kompresi




   2.1.6 Memeriksa/ mengganti oli mesin




  2.1.7 Memeriksa/meneyetel ketegangan   
           rantai mesin




 2.1.8  Menyetel putaran stasioner      
           Karburator




2.2. Perbaikan Sistem rem




     2.2.1 Memeriksa sistem rem cakram




     2.2.2 Membongkar caliper




     2.2.3 Memeriksa brake pad




     2.2.4 Memasang rem cakram




     2.2.5 Memeriksa sistem rem teromol




     2.2.5 Membongkar roda




     2.2.6 Memeriksa kampas rem




     2.2.7 Memeriksa teromol




     2.2.8 Memasang rem teromol




     2.2.9 Memeriksa/menyetel jarak main
              rem cakram dan teromol




2.3. Perbaikan system pengapian




      2.3.1 Memeriksa ignition koil




      2.3.2 Memeriksa  CDI




      2.3.3 Memeriksa pulser koil




      2.3.4 Memeriksa stator koil/Spul  
               Pengapian




      2.3.5 Memeriksa soket – soket system
               Pengapian




Skor Komponen :

III
Hasil Kerja




 3.1 Kinerja mesin optimal




 3.2 Kinerja sistem rem




 3.3 Kinerja sistem pengapian




Skor Komponen :

IV

Sikap Kerja




 4.1 Penggunaan alat tangan dan alat ukur




 4.2 Keselamatan kerja




Skor Komponen :

V
Waktu




 5.1 Waktu penyelesaian praktek














Skor Komponen :

Keterangan :
Skor masing-masing komponen penilaian ditetapkan berdasarkan perolehan skor terendah dari sub komponen penilaian
           
Perhitungan nilai praktik (NP) :


Prosentase Bobot Komponen Penilaian

Nilai Praktik
(NP)

Persiapan
Proses
Sikap Kerja
Hasil
Waktu
∑ NK

1
2
3
4
5
6
Bobot (%)
5

70
10
10
5

Skor Komponen





 NK






Keterangan:
·      Bobot diisi dengan prosentase setiap komponen. Besarnya prosentase dari setiap komponen ditetapkan secara proposional sesuai karakteristik program keahlian.
·      NK = Nilai Komponen, perkalian dari bobot dengan skor komponen
·      NP = penjumlahan dari hasil perhitungan nilai komponen
·      Jenis komponen penilaian (persiapan, proses, sikap kerja, hasil, dan waktu) disesuaikan dengan karakter program keahlian.


                                                                                   ……………,  ………………. 2012


Penilai 1/ Penilai 2 *)





*) Coret yang tidak perlu


KRITERIA PENILAIAN UJIAN
Praktik KEJURUAN

                                                                                                           
Satuan Pendidikan                     :           Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
Kompetensi  Keahlian    :           Teknik Otomotif Sepeda Motor
Kode                                          :           1316
Alokasi Waktu               :           18 jam
Bentuk Soal                               :           Penugasan Perorangan

 


No.
Komponen/Subkomponen Penilaian
Indikator
Skor
1
2
3
4
I.
Persiapan Kerja
1.1 Berpakaian kerja








Berpakaian kerja sesuai  ketentuan, rapih dan lengkap
9,0-10
Berpakaian kerja sesuai ketentuan, lengkap tapi kurang rapih
8,0-8,9
Berpakaian kerja sesuai ketentuan,tidak lengkap dan tidak rapi
7,0-7,9
Berpakaian kerja tidak sesuai dengan ketentuan
Tidak
1.2 Menyiapkan alat
Alat dipersiapkan lengkap dan sesuai kebutuhan ujian praktek
9,0-10
Alat dipersiapkan kurang lengkap, tetapi sesuai kebutuhan ujian praktek
8,0-8,9
Alat dipersiapkan kurang lengkap, kurang sesuai kebutuhan ujian praktek
7,0-7,9
Alat tidak dipersiapkan

Tidak
1.3 Tempatkan kendaraan
 pada area servis / bike  
   lift






Kendaraan ditempatkan pada area servis / bike lift
9,0-10
Kendaraan ditempatkan tidak pada area servis tetapi ditempatkan pada area yang leluasa, datar dan rata
8,0-8,9
Kendaraan ditempatkan tidak pada area servis tetapi ditempatkan area yang sempit dengan posisi yang tidak baik
7,0-7,9
Kendaraan ditempatkan bukan pada tempatnya / ditempatkan pada area yang miring.

Tidak
II
Proses (Sistematika dan CaraKerja)
2.1 Tune Up Engine
2.1.1 Membersihkan filter udara
Proses dilaksanakan pada seluruh bagian saringan udara dengan benar dan teliti
9,0-10
Prosese dilaksanakan pada seluruh bagian saringan udara dengan benar tetapi kurang teliti
8,0-8,9
Proses dilaksanakan tidak pada seluruh bagian filter udara
7,0-7,9
Proses tidak dilaksanakan
Tidak
2.1.2                      Memeriksa /membersihkan /menyetel celah busi
Proses pemeriksaaan dan penyetelan pada seluruh bagian dilaksanakan pada  busi dengan benar dan teliti
9,0-10
Proses pemeriksaan dan penyetelan dilaksanakan pada seluruh bagian  busi dengan benar tetapi kurang teliti
8,0-8,9
Proses dilaksanakan tidak pada seluruh bagian  busi
7,0-7,9
Proses tidak dilaksanakan
Tidak
2.1.3 Memeriksa/menyetel renggang katup
Proses pemeriksaan dan penyetelan renggang katup dilaksanakan pada seluruh katup dengan benar dan teliti
9,0-10
Proses pemeriksaan dan penyetelan renggang katup dilaksanakan pada seluruh katup dengan benar tetapi kurang teliti
8,0-8,9
Proses pemeriksaan dan penyetelan renggang katup tidak dilaksanakan pada seluruh katup
7,0-7,9
Proses tidak dilaksanakan
Tidak
2.1.4 Memeriksa/membersihkan saluran bahan bakar
Proses dilaksanakan pada seluruh saluran bahan bakar dengan benar dan teliti
9,0-10
Proses dilaksanakan pada seluruh saluran bahan bakar dengan benar tetapi kurang teliti
8,0-8,9
Proses dilaksanakan tidak pada seluruh saluran bahan bakar
7,0-7,9
Proses tidak dilaksanakan
Tidak
2.1.5 Memeriksa kompresi
Proses pemeriksaan kompresi  dilaksanakan dengan benar dan teliti
9,0-10
Proses pemeriksaan kompresi dilaksanakan dengan benar tetapi kurang teliti
8,0-8,9
Proses pemeriksaan kompresi dilaksanakan dengan  tidak benar dan kurang teliti

7,0-7,9
Proses tidak dilaksanakan
Tidak
2.1.6 Memeriksa/mengganti oli mesin
Proses pemeriksaan/penggantian  oli mesin dilaksanakan dengan benar dan teliti
9,0-10
Proses pemeriksaan/penggantian  oli mesin dilaksanakan dengan benar tetapi kurang teliti.
8,0-8,9
Proses pemeriksaan/penggantian  oli mesin dilaksanakan dengan  tidak  benar dan kurang  teliti
7,0-7,9
Proses tidak dilaksanakan
Tidak
2.1.7 Memeriksa/ menyetel ketegangan rantai mesin
Proses pemeriksaan/penyetelan ketegangan rantai mesin dilaksanakan dengan benar dan teliti
9,0-10
Proses pemeriksaan/penyetelan ketegangan rantai mesin dilaksanakan dengan benar tetapi kurang teliti
8,0-8,9
Proses pemeriksaan/penyetelan ketegangan rantai mesin dilaksanakan dengan  tidak  benar dan kurang teliti
7,0-7,9
Proses tidak dilaksanakan
Tidak
2.1.8 Menyetel putaran stasioner karburator
Proses penyetelan stasioner karburator dilaksanakan dengan benar dan teliti
9,0-10
Proses penyetelan stasioner karburator dilaksanakan dengan benar tetapi teliti
8,0-8,9
Proses penyetelan stasioner karburator dilaksanakan dengan  tidak benar dan kurang teliti
7,0-7,9
Proses tidak dilaksanakan
Tidak
2.2 Perbaikan sistem rem


2.2.1 Memeriksa sistem rem cakram
Komponen sistem rem cakram diperiksa dengan benar dan teliti.
9,0-10
Komponen sistem rem cakram diperiksa dengan benar tetapi kurang teliti
8,0-8,9
Komponen sistem rem cakram periksa dengan  tidak  benar dan kurang teliti
7,0-7,9
Proses tidak dilaksanakan
Tidak
2.2.1 Membongkar kaliper




Kaliper dibongkar menggunakan alat yang sesuai dan diperiksa dengan teliti
9,0-10
Kaliper dibongkar  menggunakan alat yang  sesuai tetapi tidak diperiksa
8,0-8,9

Kaliper dibongkar menggunakan alat yang tidak sesuai
7,0-7,9
Proses tidak dilaksanakan
Tidak

2.2.3 Memeriksa brake pad
Brake pad diperiksa/diukur ketebalan nya dan dibersihkan menggunakan alat yang sesuai
9,0-10
Brake pad diperiksa/diukur ketebalan nya dan dibersihkan menggunakan alat yang tidak sesuai
8,0-8,9
Brake pad diperiksa/diukur ketebalan nya menggunakan alat yang sesuai tetapi tidak dibersihkan
7,0-7,9
Proses tidak dilaksanakan
Tidak

2.2.4  Memasang rem cakram
Pemasangan rem cakram dilakukan dengan benar dan teliti
9,0-10
Pemasangan rem cakram dilakukan dengan benar tetapi kurang  teliti
8,0-8,9
Pemasangan rem cakram dilakukan dengan tidak benar
7,0-7,9
Proses tidak dilaksanakan
Tidak

2.2.5 Memeriksa sistem rem teromol
Komponen sistem rem teromol diperiksa dengan benar dan teliti.
9,0-10
Komponen sistem rem teromol diperiksa dengan benar tetapi kurang teliti
8,0-8,9
Komponen sistem rem teromol periksa dengan  tidak  benar dan kurang teliti
7,0-7,9
Proses tidak dilaksanakan
Tidak

2.2.6 Membongkar roda belakang
Pembongkaran dilakukan dengan benar dan teliti serta mengunakan alat yang sesuai
9,0-10
Pembongkaran dilakukan dengan benar tetapi kurang teliti dan mengunakan alat yang  sesuai
8,0-8,9
Pembongkaran dilakukan dengan benar tetapi kurang teliti serta mengunakan alat yang kurang sesuai
7,0-7,9
Proses tidak dilaksanakan
Tidak

2.2.7  Memeriksa kampas rem
Kampas rem diperiksa/diukur ketebalan nya dan dibersihkan dengan menggunakan alat yang sesuai
9,0-10
Kampas rem diperiksa/diukur ketebalan nya menggunakan alat yang sesuai tetapi tidak dibersihkan
8,0-8,9
Kampas rem diperiksa/diukur ketebalan nya dan dibersihkan tetapi menggunakan alat yang tidak sesuai
7,0-7,9
Proses tidak dilaksanakan
Tidak

2.2.8  Memasang rem teromol
Pemasangan kanvas rem teromol dilakukan dengan benar dan teliti
9,0-10
Pemasangan kanvas rem dilakukan kurang teliti
8,0-8,9
Pemasangan kanvas rem dilakukan dengan tidak benar
7,0-7,9
Proses tidak dilaksanakan
Tidak

Memeriksa teromol
Teromol diperiksa/diukur diameter dalam nya dan dibersihkan menggunakan alat yang sesuai
9,0-10
Teromol diperiksa/diukur diameter dalam nya dan dibersihkan menggunakan alat yang tidak sesuai
8,0-8,9
Teromol diperiksa/diukur diameter dalamn= nya menggunakan alat yang sesuai tetapi tidak dibersihkan
7,0-7,9
Proses tidak dilaksanakan
Tidak

Memasang rem tromol
Pemasangan rem tromol dilakukan dengan benar dan teliti
9,0-10
Pemasangan rem tromol dilakukan dengan benar tetapi kurang  teliti
8,0-8,9
Pemasangan rem tromol dilakukan dengan tidak benar
7,0-7,9
Proses tidak dilaksanakan
Tidak

2.2.9 Memeriksa/menyetel jarak main  rem cakram dan teromol
Jarak main rem diperiksa dan distel sesuai dengan standar pabrikan
9,0-10
Jarak main rem diperiksa dan distel tetapi tidak sesuai dengan standar pabrikan
8,0-8,9
Jarak main rem diperiksa tetapi tidak distel
7,0-7,9
Proses tidak dilaksanakan
Tidak
2.3 Perbaikan sistem pengapian


2.3.1  Memeriksa ignition koil
Ignition koil diperiksa/diukur tahanan nya dengan benar dan teliti menggunakan alat yang sesuai
9,0-10
Ignition koil diperiksa/diukur tahanan nya dengan benar menggunakan alat yang sesuai tetapi kurang  teliti
8,0-8,9
Ignition koil diperiksa  tanpa menggunakan alat
7,0-7,9
Proses tidak dilaksanakan
Tidak

2.3.2 Memeriksa CDI
CDI dan soketnya  diperiksa dengan benar dan teliti serta  dibersihkan
9,0-10
CDI dan soketnya diperiksa dengan benar dan dibersihkan tetapi kurang teliti
8,0-8,9
CDI dan soketnya diperiksa dengan benar tetapi kurang teliti dan tidak  dibersihkan
7,0-7,9
Proses tidak dilaksanakan
Tidak

2.3.3 Memeriksa pulser koil
Pulser koil diperiksa/diukur tahanan nya dengan benar dan teliti menggunakan alat yang sesuai
9,0-10
Pulser koil diperiksa/diukur tahanan nya dengan benar menggunakan alat yang sesuai tetapi kurang  teliti
8,0-8,9
Pulser koil diperiksa  tanpa menggunakan alat
7,0-7,9
Proses tidak dilaksanakan
Tidak

2.3.4 Memeriksa stator koil/Spul pengapian
               
Stator koil diperiksa/diukur tahanan nya dengan benar dan teliti menggunakan alat yang sesuai
9,0-10
Stator koil diperiksa/diukur tahanan nya dengan benar menggunakan alat yang sesuai tetapi kurang  teliti
8,0-8,9
Stator koil diperiksa  tanpa menggunakan alat
7,0-7,9
Proses tidak dilaksanakan
Tidak

2.3.5 Memeriksa soket – soket system pengapian
Semua soket sistem pengapian diperiksa dengan teliti
9,0-10
Semua soket sistem pengapian diperiksa tetapi kurang  teliti
8,0-8,9
Tidak semua soket sistem pengapian diperiksa
7,0-7,9
Proses tidak dilaksanakan
Tidak
III
Hasil Kerja
 3.1 Kinerja mesin optimal
 
Mesin bisa dihidupkan,stasioner sesuai dengan spesifikasi pabrikan dan  suara mesin  halus
9,0-10
Mesin bisa dihidupkan, suara mesin  halus tetapi stasioner tidak sesuai dengan spesifikasi pabrikan
8,0-8,9
Mesin bisa dihidupkan, stasioner sesuai dengan spesifikasi pabrikan tetapi  suara mesin  kasar
7,0-7,9
Mesin tidak bisa dihidupkan
Tidak
3.2 Kinerja sistem rem
Kinerja rem cakram dan rem tromol berfungsi dengan baik
9,0-10
Kinerja rem cakram berfungsi dengan baik tetapi  rem tromol berfungsi kurang baik
8,0-8,9
Kinerja rem cakram kurang baik tetapi rem tromol berfungsi dengan baik
7,0-7,9
Kinerja rem cakram dan rem tromol tidak berfungsi
Tidak
3.3 Kinerja sistem pengapian
Kinerja sistem pengapian berfungsi dengan baik
9,0-10
Kinerja sistem pengapian berfungsi kurang baik
8,0-8,9
Kinerja sistem pengapian berfungsi tidak baik
7,0-7,9
Kinerja sistem pengapian tidak berfungsi
Tidak
IV
Sikap Kerja
 4.1 Penggunaan alat tangan dan alat ukur

Penggunaan alat tangan  dengan benar dan pembacaan alat ukur dengan tepat
9,0-10
Penggunaan alat tangan dengan benar tetapi pembacaan alat ukur kurang tepat
8,0-8,9
Penggunaan alat tangan kurang baik dan pembacaan alat ukur kurang tepat
7,0-7,9
Penggunaan alat tangan dan pembacaan alat ukur tidak benar dan tidak tepat
Tidak
4.2 Keselamatan kerja
Pakaian kerja, sepatu kerja , alat keselamatan kerja ,prosedur kerja digunakan dan dilaksanakan dengan baik dan benar.
9,0-10
Pakaian kerja, sepatu kerja , alat keselamatan kerja , digunakan dengan baik dan benar tetapi prosedur kerja tidak dilaksanakan dengan baik.
8,0-8,9
Pakaian kerja, sepatu kerja digunakan dengan baik dan benar, tetapi alat keselamatan kerja dan prosedur kerja tidak diperhatikan.
7,0-7,9
Pakaian kerja, sepatu kerja, alat keselamatan kerja, prosedur kerja diabaikan
Tidak
V
Waktu
5.1 Waktu penyelesaian praktek
Waktu penyelesaian praktek < dari 18 jam
9,0-10
Waktu penyelesaian praktek tepat 18 jam
8,0-8,9
Waktu penyelesaian praktek 18 jam lewat 1 - 30 menit. ( Dengan diberi waktu tambahan 30 menit )
7,0-7,9
Praktek tidak selesai
Tidak




                         Lembar Penilaian                         paket 2

                       ujian Praktik KEJURUAN


Satuan Pendidikan                     :           Sekolah Menengah Kejuruan
Kompetensi Keahlian                 :           Teknik Otomotif Sepeda Motor
Kode                                          :           1316
Alokasi Waktu                           :           18  jam
Bentuk Soal                               :           Penugasan Perorangan

 
  












 



Nomor Peserta            :

Nama Peserta  :                                                                                              


 
No
 
Komponen/Sub komponen Penilaian
Pencapaian Kompetensi
Tidak
Ya
7,0-7,9
8,0-8,9
9,0-10
1
2
3
4
5
6
I
Persiapan Kerja




1.1 Berpakaian kerja




1.2 Menyiapkan Alat




1.3 Tempatkan kendaraan pada area
      servis/ bike lift




Skor Komponen :

II
Proses (Sistematika & Cara Kerja)




2.1 Tune Up




   2.1.1 Membersihkan filter udara




   2.1.2 Memeriksa/membersihkan
            /menyetel celah busi




   2.1.3 Memeriksa/menyetel renggang
             Katup




   2.1.4 Memeriksa/membersihkan saluran 
            bahan bakar




   2.1.5 Memeriksa kompresi




   2.1.6 Memeriksa/ mengganti oli mesin




  2.1.7 Memeriksa/meneyetel ketegangan   
           rantai mesin




 2.1.8  Menyetel putaran stasioner      
           Karburator




2.2 . Perbaikan Sistem Penerangan




     2.2.1 Memeriksa Battery




     2.2.2 Memeriksa sikring




     2.2.3 Memeriksa soket-soket




     2.2.4 Memeriksa lampu




     2.2.5 Perbaikan/penggantian
              komponen sistem penerangan




     2.2.6 Memeriksa lilitan /spul
               Penerangan




2.3. Overhaul Kopling




      2.3.1 Membongkar blok kopling




      2.3.2 Membongkar komponen kopling




      2.3.3 Memeriksa kampas kopling  




      2.3.4 Memeriksa plat kopling




      2.3.5 Memeriksa pegas kopling




      2.3.6 Memasang komponen kopling




      2.3.7 Memasang blok kopling




      2.3.8 Memeriksa/enyetel jarak main
               Kopling




Skor Komponen :

III
Hasil Kerja




 3.1 Kinerja mesin optimal




 3.2 Kinerja sistem penerangan




 3.3 Kinerja kopling




Skor Komponen :

IV

Sikap Kerja




 4.1 Penggunaan alat tangan dan alat ukur




 4.2 Keselamatan kerja




Skor Komponen :

V
Waktu




 5.1 Waktu penyelesaian praktek














Skor Komponen :


Keterangan :
Skor masing-masing komponen penilaian ditetapkan berdasarkan perolehan skor terendah dari sub komponen penilaian
           
Perhitungan nilai praktik (NP) :


Prosentase Bobot Komponen Penilaian

Nilai Praktik
(NP)

Persiapan
Proses
Sikap Kerja
Hasil
Waktu
∑ NK

1
2
3
4
5
6
Bobot (%)
5

70
10
10
5

Skor Komponen





 NK






Keterangan:
·      Bobot diisi dengan prosentase setiap komponen. Besarnya prosentase dari setiap komponen ditetapkan secara proposional sesuai karakteristik program keahlian.
·      NK = Nilai Komponen, perkalian dari bobot dengan skor komponen
·      NP = penjumlahan dari hasil perhitungan nilai komponen
·      Jenis komponen penilaian (persiapan, proses, sikap kerja, hasil, dan waktu) disesuaikan dengan karakter program keahlian.


                                                                                   ……………,  ………………. 2012

Penilai 1/ Penilai 2 *)


   
*) Coret yang tidak perlu


                                                                       KRITERIA PENILAIAN UJIAN
                                                                             Praktik KEJURUAN
                                                                                                           
Satuan Pendidikan                     :           Sekolah Menengah Kejuruan
Kompetensi  Keahlian                :           Teknik Otomotif Sepeda Motor
Kode                                          :           1316
Alokasi Waktu                            :           18 jam
Bentuk Soal                               :           Penugasan Perorangan

 

No.
Komponen/Subkomponen Penilaian
Indikator
Skor
1
2
3
4
I.
Persiapan Kerja
1.1 Berpakaian kerja




Berpakaian kerja sesuai  ketentuan ,rapih dan lengkap
9,0-10
Berpakaian kerja sesuai ketentuan ,lengkap tapi kurang rapih
8,0-8,9
Berpakaian kerja sesuai ketentuan,tidak lengkap dan tidak rapi
7,0-7,9
Berpakaian kerja tidak sesuai dengan ketentuan
Tidak
1.2 Menyiapkan alat
Alat dipersiapkan lengkap dan sesuai kebutuhan ujian praktek
9,0-10
Alat dipersiapkan kurang lengkap, tetapi sesuai kebutuhan ujian praktek
8,0-8,9
Alat dipersiapkan kurang lengkap, kurang sesuai kebutuhan ujian praktek
7,0-7,9
Alat tidak dipersiapkan
Tidak
1.3 Tempatkan kendaraan
 pada area servis/bike lift






Kendaraan ditempatkan pada area servis / bike lift
9,0-10
Kendaraan ditempatkan tidak pada area servis tetapi ditempatkan pada area yang leluasa, datar dan rata
8,0-8,9
Kendaraan ditempatkan tidak pada area servis tetapi ditempatkan area yang sempit dengan posisi yang tidak baik
7,0-7,9
Kendaraan ditempatkan bukan pada tempatnya / ditempatkan pada area yang miring.
Tidak
II
Proses (Sistematika dan CaraKerja)
2.1 Tune Up Engine
2.1.1 Membersihkan filter udara
Proses dilaksanakan pada seluruh bagian saringan udara dengan benar dan teliti
9,0-10
Prosese dilaksanakan pada seluruh bagian saringan udara dengan benar tetapi kurang teliti
8,0-8,9
Proses dilaksanakan tidak pada seluruh bagian filter udara
7,0-7,9
Proses tidak dilaksanakan
Tidak
2.1.2  Memeriksa/ membersihkan/menyetel celah busi
Proses pemeriksaaan dan penyetelan pada seluruh bagian dilaksanakan pada  busi dengan benar dan teliti
9,0-10
Proses pemeriksaan dan penyetelan dilaksanakan pada seluruh bagian  busi dengan benar tetapi kurang teliti
8,0-8,9
Proses dilaksanakan tidak pada seluruh bagian  busi
7,0-7,9
Proses tidak dilaksanakan
Tidak
2.1.3 Memeriksa/menyetel renggang katup
Proses pemeriksaan dan penyetelan renggang katup dilaksanakan pada seluruh katup dengan benar dan teliti
9,0-10
Proses pemeriksaan dan penyetelan renggang katup dilaksanakan pada seluruh katup dengan benar tetapi kurang teliti
8,0-8,9
Proses pemeriksaan dan penyetelan renggang katup tidak dilaksanakan pada seluruh katup
7,0-7,9
Proses tidak dilaksanakan
Tidak
2.1.4. Memeriksa/ membersihkan saluran bahan bakar
Proses dilaksanakan pada seluruh saluran bahan bakar dengan benar dan teliti
9,0-10
Proses dilaksanakan pada seluruh saluran bahan bakar dengan benar tetapi kurang teliti
8,0-8,9
Proses dilaksanakan tidak pada seluruh saluran bahan bakar
7,0-7,9
Proses tidak dilaksanakan
Tidak
2.1.5 Memeriksa kompresi
Proses pemeriksaan kompresi  dilaksanakan dengan benar dan teliti
9,0-10
Proses pemeriksaan kompresi dilaksanakan dengan benar tetapi kurang teliti
8,0-8,9
Proses pemeriksaan kompresi dilaksanakan dengan  tidak benar dan kurang teliti
7,0-7,9
Proses tidak dilaksanakan
Tidak
2.1.6 Memeriksa/mengganti oli mesin
Proses pemeriksaan/penggantian  oli mesin dilaksanakan dengan benar dan teliti
9,0-10
Proses pemeriksaan/penggantian  oli mesin dilaksanakan dengan benar tetapi kurang teliti.
8,0-8,9
Proses pemeriksaan/penggantian  oli mesin dilaksanakan dengan  tidak  benar dan kurang  teliti
7,0-7,9
Proses tidak dilaksanakan
Tidak
2.1.7 Memeriksa/ menyetel Ketegangan rantai mesin
Proses pemeriksaan/penyetelan ketegangan rantai mesin dilaksanakan dengan benar dan teliti
9,0-10
Proses pemeriksaan/penyetelan ketegangan rantai mesin dilaksanakan dengan benar tetapi kurang teliti
8,0-8,9
Proses pemeriksaan/penyetelan ketegangan rantai mesin dilaksanakan dengan  tidak  benar dan kurang teliti
7,0-7,9
Proses tidak dilaksanakan
Tidak
2.1.8 Menyetel putaran stasioner karburator
Proses penyetelan stasioner karburator dilaksanakan dengan benar dan teliti
9,0-10
Proses penyetelan stasioner karburator dilaksanakan dengan benar tetapi teliti
8,0-8,9
Proses penyetelan stasioner karburator dilaksanakan dengan  tidak benar dan kurang teliti
7,0-7,9
Proses tidak dilaksanakan
Tidak
2.2 Perbaikan sistem penerangan


2.2.1 Memeriksa battery
Proses pemeriksaan battery dilaksanakan dengan benar dan teliti
9,0-10
Proses pemeriksaan battery dilaksanakan dengan benar tetapi kurang  teliti
8,0-8,9
Proses dilaksanakan kurang teliti
7,0-7,9
Proses tidak dilaksanakan
Tidak
2.2.2 Memeriksa sikring




Sikring diperiksa dengan  benar dan teliti
9,0-10
Sikring diperiksa denan benar tetapi kurang teliti
8,0-8,9
Sikring diperiksa dengan tidak benar dan kurang teliti
7,0-7,9
Proses tidak dilaksanakan
Tidak

2.2.3 Memeriksa soket-soket
Semua soket sistem penerangan diperiksa dengan benar dan teliti
9,0-10
Semua soket sistem penerangan diperiksa dengan benar tetapi kurang teliti
8,0-8,9
Tidak semua soketsistem penerangan  diperiksa
7,0-7,9
Proses tidak dilaksanakan
Tidak

2.2.4 Memeriksa lampu
Semua lampu diperiksa dengan benar dan diteliti
9,0-10
Semua lampu diperiksa dengan benar tetapi diteliti
8,0-8,9
Tidak semua lampu diperiksa
7,0-7,9
Proses tidak dilaksanakan
Tidak

2.2.5 Perbaikan/penggantian komponen sistem penerangan
Perbaikan/penggantian dilakukan dengan benar dan teliti
9,0-10
Perbaikan/penggantian dilakukan dengan benar tetapi kurang teliti
8,0-8,9
Perbaikan/penggantian dilakukan tidak keseluruhan
7,0-7,9
Proses tidak dilaksanakan
Tidak

2.2.6 Memeriksa lilitan/spul penerangan
Lilitan/spul penerangan diperiksa/diukur tahanan nya  dengan benar dan teliti menggunakan alat yang sesuai
9,0-10
Lilitan/spul penerangan diperiksa dengan benar menggunakan alat yang sesuai tetapi  kurang teliti
8,0-8,9
Lilitan /spul diperiksa tanpa menggunakan alat
7,0-7,9
Proses tidak dilaksanakan
Tidak
2.3 Overhaul koping


2.3.1 Membongkar blok kopling
     
     
     
Pembongkaran dilakukan dengan benar dan teliti serta mengunakan alat yang sesuai
9,0-10
Pembongkaran dilakukan dengan benar tetapi kurang teliti dan mengunakan alat yang  sesuai
8,0-8,9
Pembongkaran dilakukan dengan benar tetapi kurang teliti serta mengunakan alat yang kurang sesuai
7,0-7,9
Proses tidak dilaksanakan
Tidak

2.3.2  Membongkar komponen kopling
Pembongkaran dilakukan dengan benar dan teliti serta mengunakan alat yang sesuai
9,0-10
Pembongkaran dilakukan dengan benar tetapi kurang teliti dan mengunakan alat yang  sesuai
8,0-8,9
Pembongkaran dilakukan dengan benar tetapi kurang teliti serta mengunakan alat yang kurang sesuai
7,0-7,9
Proses tidak dilaksanakan
Tidak

2.3.3 Memeriksa kampas kopling  
Kampas kopling diperiksa/diukur ketebalan nya dengan benar dan teliti  menggunakan alat yang sesuai
9,0-10
Kampas kopling diperiksa/diukur ketebalan nya dengan benar  menggunakan alat yang sesuai tetapi kurang teliti
8,0-8,9
Kampas kopling diperiksa/diukur ketebalan nya  menggunakan alat yang tidak sesuai/tanpa menggunakan alat
7,0-7,9
Proses tidak dilaksanakan
Tidak

2.3.4 Memeriksa plat kopling
Plat kopling diperiksa/diukur kerataannya dengan benar dan teliti menggunakan alat yang sesuai
9,0-10
Plat kopling diperiksa/diukur kerataannya dengan benar menggunakan alat yang sesuai tetapi kurang  teliti
8,0-8,9
Plat kopling diperiksa  kerataannya  menggunakan alat yang tidak sesuai/tanpa menggunakan alat
7,0-7,9
Proses tidak dilaksanakan
Tidak

2.3.5 Memeriksa pegas kopling
     

Pegas kopling diperiksa/diukur panjang bebas nya dengan benar dan teliti menggunakan alat yang sesuai
9,0-10
Pegas kopling diperiksa/diukur panjang bebas nya dengan benar menggunakan alat yang sesuai tetapi kurang  teliti
8,0-8,9
Pegas kopling diperiksa/diukur  panjang bebas nya menggunakan  alat yang tidak sesuai/tanpa menggunakan alat
7,0-7,9
Proses tidak dilaksanakan
Tidak

2.3.6 Memasang komponen kopling
Pemasangan dilakukan dengan benar dan teliti serta mengunakan alat yang sesuai
9,0-10
Pemasangan dilakukan dengan benar tetapi kurang teliti dan mengunakan alat yang  sesuai
8,0-8,9
Pemasangan dilakukan dengan benar tetapi kurang teliti serta mengunakan alat yang kurang sesuai
7,0-7,9
Proses tidak dilaksanakan
Tidak

2.3.7 Memasang blok kopling

Pemasangan dilakukan dengan benar dan teliti serta mengunakan alat yang sesuai
9,0-10
Pemasangan dilakukan dengan benar tetapi kurang teliti dan mengunakan alat yang  sesuai
8,0-8,9
Pemasangan dilakukan dengan benar tetapi kurang teliti serta mengunakan alat yang kurang sesuai
7,0-7,9
Proses tidak dilaksanakan
Tidak

2.3.8 Memeriksa/menyetel jarak main kopling
Jarak main kopling diperiksa dan distel sesuai dengan standar pabrikan
9,0-10
Jarak main kopling diperiksa dan distel tetapi tidak sesuai dengan standar pabrikan
8,0-8,9
Jarak main kopling diperiksa tetapi tidak distel
7,0-7,9
Proses tidak dilaksanakan
Tidak
III
Hasil Kerja
 3.1 Kinerja mesin optimal
 
Mesin bisa dihidupkan,stasioner sesuai dengan spesifikasi pabrikan dan  suara mesin  halus
9,0-10
Mesin bisa dihidupkan, suara mesin  halus tetapi stasioner tidak sesuai dengan spesifikasi pabrikan
8,0-8,9
Mesin bisa dihidupkan, stasioner sesuai dengan spesifikasi pabrikan tetapi  suara mesin  kasar
7,0-7,9
Mesin tidak bisa dihidupkan
Tidak
3.2 Kinerja system penerangan
Kinerja sistem penerangan berfungsi dengan baik
9,0-10
Kinerja sistem penerangan berfungsi kurang baik
8,0-8,9
Kinerja sistem penerangan berfungsi tidak baik
7,0-7,9
Kinerja sistem penerangan tidak berfungsi
Tidak
3.3 Kinerja kopling
Kinerja kopling berfungsi dengan baik
9,0-10
Kinerja sistem pengapian berfungsi kurang baik
8,0-8,9
Kinerja kopling berfungsi tidak baik
7,0-7,9
Kinerja kopling tidak berfungsi
Tidak
IV
Sikap Kerja
 4.1 Penggunaan alat tangan dan alat ukur

Penggunaan alat tangan  dengan benar dan pembacaan alat ukur dengan tepat
9,0-10
Penggunaan alat tangan dengan benar tetapi pembacaan alat ukur kurang tepat
8,0-8,9
Penggunaan alat tangan kurang baik dan pembacaan alat ukur kurang tepat
7,0-7,9
Penggunaan alat tangan dan pembacaan alat ukur tidak benar dan tidak tepat
Tidak
4.2 Keselamatan kerja
Pakaian kerja, sepatu kerja, alat keselamatan kerja, prosedur kerja digunakan dan dilaksanakan dengan baik dan benar.
9,0-10
Pakaian kerja, sepatu kerja, alat keselamatan kerja, digunakan dengan baik dan benar tetapi prosedur kerja tidak dilaksanakan dengan baik.
8,0-8,9
Pakaian kerja, sepatu kerja digunakan dengan baik dan benar, tetapi alat keselamatan kerja dan prosedur kerja tidak diperhatikan.
7,0-7,9
Pakaian kerja, sepatu kerja , alat keselamatan kerja ,prosedur kerja diabaikan
Tidak
V
Waktu
5.1 Waktu penyelesaian praktek
Waktu penyelesaian praktek < dari 18 jam
9,0-10
Waktu penyelesaian praktek tepat 18 jam
8,0-8,9
Waktu penyelesaian praktek 18 jam lewat 1-30 menit. (Dengan diberi waktu tambahan 30 menit)
7,0-7,9
Praktek tidak selesai
Tidak