Selasa, 31 Januari 2012

KISI-KISI UN 2012 BAHASA INDONESIA SMK



1. Membaca berbagai informasi tertulis dalam konteks bermasyarakat dan berbagai bentuk teks.
a) Menentukan gagasan pokok, simpulan, makna istilah, kalimat penjelas, pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf.
b) Menentukan jenis laporan.
c) Menentukan isi petunjuk kerja.
d) Menentukan isi riwayat hidup/biografi.
e) Menentukan isi grafik/matriks.
f) Menentukan tanggapan logis dan tanggapan yang sesuai dengan isi paragraf.
g) Menentukan kata baku/tidak baku, kata bersinonim/ berantonim, kata bermakna konotasi, kata bermakna, dan perubahan makna kata.
h) Menentukan kalimat tanya yang sesuai dengan konteks.
i) Menentukan kalimat yang berbentuk opini/fakta dalam paragraf.
j) Menentukan makna ungkapan/peribahasa.
k) Menentukan tema dan majas dalam puisi.
l) Menentukan amanat cerpen/novel.
m) Menentukan latar dan tahapan alur novel/roman.
n) Menentukan unsur ekstrinsik novel.
o) Menentukan isi naskah drama, dan perwatakan tokoh.
2. Menulis berbagai teks dalam konteks bermasyarakat; membuat parafrasa; menulis jenis-jenis wacana (naratif, deskriptif, ekspositoris, argumentatif); meringkas teks; menyimpulkan isi teks; menulis proposal, surat, dan laporan.
a) Menentukan penulisan kata, pilihan kata, dan ungkapan.
b) Menentukan pikiran penjelas, kalimat efektif, kalimat yang menyatakan hubungan perbandingan, dan susunan topik karangan.
c) Menentukan tujuan, jenis kegiatan, dan sistematika penulisan proposal.
d) Menentukan penulisan bagian-bagian surat, kalimat pembuka, kalimat penutup, kalimat surat balasan yang santun.
e) Menentukan kalimat memo.
f) Menentukan isi surat berita keluarga.
g) Melengkapi paragraf sesuai dengan jenisnya.
h) Melengkapi bagian-bagian surat kuasa.
i) Menentukan isi surat perjanjian jual beli.
j) Menentukan kalimat pengumuman.
k) Menyusun catatan kaki.
l) Menentukan isi catatan hasil rapat.
m) Menentukan isi kata pengantar laporan, dan simpulan laporan.
n) Menentukan kalimat poster.

KISI-KISI UN 2012 MATEMATIKA SMK (KELOMPOK TEKNOLOGI, KESEHATAN, DAN PERTANIAN)



KISI-KISI UJIAN NASIONAL (UN) 2012 MATEMATIKA SMK (KELOMPOK TEKNOLOGI, KESEHATAN, DAN PERTANIAN)
1. Melakukan operasi bilangan real dan menerapkannya dalam bidang kejuruan.
a) Menyelesaikan masalah dengan menggunakan operasi bilangan real.
b) Menentukan hasil operasi bilangan berpangkat dan bentuk akar, dan/atau logaritma.
2. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan dan pertidaksamaan linear dua variabel serta dapat menerapkannya dalam bidang kejuruan.
a) Menyelesaikan masalah sistem persamaan atau pertidaksamaan linear dua variabel.
3. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi linear, fungsi kuadrat, dan program linear.
b) Menentukan fungsi linear dan/atau grafiknya.
c) Menentukan fungsi kuadrat dan/atau grafiknya.
d) Menentukan model matematika dari masalah program linear.
e) Menentukan daerah himpunan penyelesaian dari masalah program linear.
f) Menentukan nilai optimum dari sistem pertidaksamaan linear.
4. Menerapkan konsep matriks dan vektor untuk memecahkan masalah.
a) Menentukan hasil operasi matriks atau invers suatu matriks.
b) Menentukan hasil operasi vektor dan besar sudut antar vektor pada bidang atau ruang.
5. Menerapkan prinsip-prinsip logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor.
a) Menentukan ingkaran dari suatu pernyataan.
b) Menentukan invers, konvers, atau kontraposisi.
c) Menarik kesimpulan dari beberapa premis.
6. Menentukan unsur-unsur bangun datar, keliling dan luas bangun datar, luas permukaan dan volum bangun ruang, unsur-unsur irisan kerucut serta dapat menerapkannya dalam bidang kejuruan.
a) Mengidentifikasi bangun datar, bangun ruang, dan unsur-unsurnya.
b) Menghitung keliling dan luas bangun datar atau menyelesaikan masalah yang terkait.
c) Menghitung luas bangun permukaan bangun ruang atau menyelesaikan masalah yang terkait.
d) Menghitung volum bangun ruang atau menyelesaikan masalah yang terkait.
7. Menerapkan konsep perbandingan trigonometri dalam pemecahan masalah.
a) Mengkonversi koordinat kutub ke koordinat kartesius atau sebaliknya.
b) Menentukan unsur-unsur segitiga dengan menggunakan perbandingan trigonometri.
8. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret.
a) Mengidentifikasi pola, barisan, atau deret bilangan.
b) Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan atau deret aritmetika.
c) Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret geometri.
9. Menerapkan konsep peluang dalam pemecahan masalah.
a) Menentukan permutasi atau kombinasi.
b) Menghitung peluang suatu kejadian atau frekuensi harapannya.
10. Menerapkan konsep dan pengukuran statistik dalam pemecahan masalah.
a) Menginterpretasi data yang disajikan dalam bentuk tabel atau diagram.
b) Menghitung ukuran pemusatan data.
c) Menghitung ukuran penyebaran data.
11. Menggunakan konsep limit fungsi dan turunan fungsi dalam pemecahan masalah.
a) Menentukan limit fungsi aljabar atau fungsi geometri.
b) Menentukan turunan fungsi aljabar atau fungsi geometri.
c) Menyelesaikan masalah dengan menggunakan konsep turunan.
12. Menggunakan konsep integral dalam pemecahanan masalah.
a) Menentukan integral tak tentu atau integral tentu dari fungsi aljabar atau trigonometri.
b) Menentukan luas daerah di antara dua kurva.
c) Menentukan volum benda putar.
13 Menerapkan konsep irisan kerucut dalam memecahkan masalah.
a) Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan lingkaran atau parabola.

KISI-KISI UN 2012 BAHASA INGGRIS SMK



KISI-KISI UJIAN NASIONAL (UN) 2012 BAHASA INGGRIS SMK
1. LISTENING (Mendengarkan)Memahami makna dalam wcana lisan interpersonal, transaksional dan teks fungsional pendek berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, pekerjaan dan keprofesian.
Picture
a) Menentukan pernyataan lisan yang tepat tentang kegiatan yang sedang berlangsung di dalam ruangan (indoor)/di luar ruangan (outdoor) sesuai dengan gambar.
b) Menentukan pernyataan lisan yang tepat tentang lokasi suatu benda/posisi seseorang sesuai dengan gambar.
c) Menentukan pernyataan lisan yang tepat tentang penampilan (ciri-ciri fisik) seseorang/deskripsi benda sesuai dengan gambar.
d) Menentukan pernyataan lisan yang tepat tentang keadaan/situasi di suatu tempat/gedung/wilayah, sesuai dengan gambar.
Questions/Statements-Response
a) Menentukan respons yang tepat terhadap pernyataan/ pertanyaan lisan yang berisi pemberian saran/ permohonan.
b) Menentukan respons yang tepat terhadap pernyataan/ pertanyaan lisan yang mendeskripsikan benda/ perbandingan suatu benda.
c) Menentukan respons yang tepat terhadap pernyataan/ pertanyaan lisan yang mengungkapkan kejadian/ peristiwa di koran/berita/kejadian yang dialami seseorang.
d) Menentukan respons yang tepat terhadap pernyataan/ pertanyaan lisan yang berisi pemberian arah atau lokasi suatu tempat/keberadaan seseorang yang diberikan.
Short Conversation
a) Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci, tersurat dan atau tersirat dari percakapan lisan singkat tentang suatu kemungkinan/rencana.
b) Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/ informasi rinci, tersurat dan atau tersirat dari percakapan lisan singkat tentang kegiatan seharihari/ di waktu lampau/di waktu akan datang.
c) Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/ informasi rinci, tersurat dan atau tersirat dari percakapan lisan singkat tentang pemesanan sesuatu/pemberitahuan tentang keadaan suatu barang.
d) Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/ informasi rinci, tersurat dan/atau tersirat dari percakapan lisan singkat tentang suatu perbandingan/ pemilihan benda.
Short Talk (Monolog)
a) Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/ informasi rinci, tersurat dan atau tersirat dengan tepat dari monolog lisan singkat tentang proses pengerjaan/ pembuatan suatu barang/prosedur melakukan sesuatu.
b) Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/ informasi rinci, tersurat dan atau tersirat dengan tepat dari monolog lisan singkat tentang pengalaman kerja/kegiatan atau aktivitas di sekolah/pusat bisnis.
c) Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/ informasi rinci, tersurat dan atau tersirat dengan tepat dari monolog lisan singkat berbentuk pengumuman singkat/iklan.
2. Reading (Membaca)Memahami makna dalam wacana tulis interpersonal, transaksional dan teks fungsional pendek berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, pekerjaan dan keprofesian.
Incomplete Dialoga) Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi permohonan/pemberian saran.
b) Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi pelayanan tamu/percakapan di telepon/ percakapan pribadi.
c) Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog terkait dengan kejadian masa lampau/kejadian yang sedang berlangsung.
d) Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi undangan/pesan singkat.
e) Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi perijinan/pemberitahuan.
f) Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi keluhan/meminta/memberi bantuan.
g) Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi perintah/permohonan/saran.
h) Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi rencana/janji yang akan datang.
i) Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi pengandaian/pilihan tindakan.
j) Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi penyampaian rasa simpati/persetujuan.
k) Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang
l) berisi pemberian arah/lokasi suatu benda/tempat/posisi seseorang.
m) Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi uraian tentang kegiatan rutin/kegiatan masa lampau.
n) Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi pemesanan suatu barang/jasa.
o) Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi uraian tentang suatu kemungkinan/ pendapat.
p) Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang terkait dengan kegiatan yang sedang berlangsung/ suatu rencana.
Error Recognition
a) Menentukan kata/frasa yang salah yang terdapat dalam kalimat yang menyatakan perbandingan benda/ orang.
b) Menentukan kata/frasa yang salah yang terdapat dalam kalimat yang menyatakan deskripsi benda/ tempat.
c) Menentukan kata/frasa yang salah yang terdapat dalam ungkapan yang berhubungan dengan penawaran/persuasi/permohonan.
d) Menentukan kata/frasa yang salah yang terdapat dalam kalimat yang menyatakan menyatakan deskripsi fisik seseorang (physical appearance)/ benda.
e) Menentukan kata/frasa yang salah yang terdapat dalam kalimat yang menyatakan pengandaian/ membuat pilihan.
f) Menentukan kata/frasa yang salah yang terdapat dalam kalimat yang menyatakan perasaan suka/ simpati.
Reading Comprehension
a) Menentukan pikiran utama paragraf/gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci, tersurat dan atau tersirat/rujukan kata atau makna kata/frasa dalam surat bisnis/memo/pesan/e-mail.
b) Menentukan pikiran utama paragraf/gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci, tersurat dan atau tersirat/rujukan kata atau makna kata/frasa dalam sebuah tabel/diagram/jadwal/grafik.
c) Menentukan pikiran utama paragraf/gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci, tersurat dan atau tersirat/rujukan kata atau makna kata/frasa dalam teks berbentuk recount.
d) Menentukan pikiran utama paragraf/gambaran umum/informasi rinci, tersurat dan atau tersirat, atau rujukan kata/frasa atau makna kata/frasa dalam sebuah teks procedure dalam bentuk a.l. manual/ resep/ petunjuk/instruksi.
e) Menentukan pikiran utama paragraf/gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci, tersurat dan atau tersirat atau rujukan kata/frasa atau makna kata/frasa dalam teks advertisement tentang sebuah benda/tempat/jasa.

10 PTN Favorit SMPTN Jalur Undangan


10 PTN favorit para pelajar pada 2011 melalui SMPTN jalur undangan, seperti dikutip dari Majalah Campus Indonesia, Sabtu (3/9/2011).


1. Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta
Meski terletak di Kota Pelajar, namun kampus ini tetap menarik minat para pelajar untuk menjadi mahasiswa di sana. Sebanyak 34.924 pelajar mendaftar sebagai peserta jalur undangan di UGM.
2. Universitas Indonesia (UI)
Jalur undangan yang disediakan oleh kampus yang terletak di dua lokasi, yakni Depok dan Salemba, Jakarta Selatan ini diminati sebanyak 32.371 pendaftar.
3. Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung
Kampus yang pernah menjadi tempat mantan presiden Megawati Soekarnoputri mengenyam pendidikan ini, diminati sebesar 27.296 pendaftar jalur undangan.
4. Universitas Diponegoro (Undip) Semarang
Sejumlah 23.014 peserta terdaftar untuk mengikuti seleksi jalur undangan di kampus yang terletak di daerah Tembalang, Semarang tersebut.
5. Universitas Brawijaya (UB) Malang
Kampus ini diminati oleh 21.562 pendaftar di jalur undangan.
6. Univeritas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung
Sejumlah 19.260 orang mendaftar sebagai peserta pada jalur undangan di kampus ini.
7. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
Kampus yang memiliki spesifikasi pendidikan untuk para tenaga pendidik ini diminati oleh 19.254 pendaftar.
8. Institut Pertanian Bogor (IPB)
Kampus tempat SBY meraih gelar doktor ini diminati sebanyak 17.205 pendaftar.
9. Universitas Negeri Surabaya (Unesa)
Sejumlah 16.655 pendaftar tercatat untuk mengikuti seleksi jalur undangan di kampus ini.
10. Universitas Negeri Semarang (Unnes)
Kampus ini diminati oleh sejumlah 16.268 pendaftar yang ingin mengikuti seleksi jalur undangan.


SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI (SNMPTN) TAHUN 2012 JALUR UNDANGAN



1.   Latar Belakang

Penerimaan mahasiswa baru harus memenuhi prinsip adil dan tidak diskriminatif dengan tidak membedakan jenis kelamin, agama, suku, ras, kedudukan sosial, dan tingkat kemampuan ekonomi calon mahasiswa dengan tetap memperhatikan potensi calonmahasiswa dan kekhususan perguruan tinggi.

Perguruan tinggi sebagai penyelenggara pendidikan setelah SMA/SMK/MA/MAK hendaknya dapat menerima calon mahasiswa yang berprestasi akademik tinggi dan diprediksi akan berhasil menyelesaikan studi di perguruan tinggi berdasarkan penilaian dan rekomendasi Kepala Sekolah.  Siswa yang berprestasi tinggi dan secara konsisten menunjukkan prestasinya tersebut layak mendapatkan kesempatan untuk menjadi calon mahasiswa.

Sekolah sebagai satuan pendidikan dan guru sebagai pendidik diyakini selalu menjunjung tinggi kehormatan dan kejujuran sebagai bagian dari prinsip pendidikan berkarakter.  Dengan demikian sekolah dapat diberikan penghargaan dan kepercayaan melakukan seleksi awal calon mahasiswa yang berprestasi akademik dan diharapkan dapat menyelesaikan pendidikan tinggi dengan baik.

2.    Tujuan
  1. Memberikan kesempatan kepada seluruh anak bangsa yang berprestasi akademik tinggi untuk memperoleh pendidikan tinggi.
  2. Mendapatkan calon mahasiswa baru terbaik melalui seleksi siswa yang mempunyai prestasi akademik tinggi di SMA/SMK/MA/MAK.
  3. Memberikan kesempatan dan kepercayaan kepada sekolah untuk menjadi bagian pelaksana seleksi awal di tingkat sekolah.
3. Ketentuan Umum dan Persyaratan

3.1.    Ketentuan Umum
  1. Jalur undangan ialah mekanisme seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik tanpa ujian tertulis dan/atau keterampilan.
  2. Jalur undangan tidak termasuk jalur penelusuran minat dan bakat.
  3. Sekolah yang berhak mengikuti  jalur undangan adalah sekolah yang diundang oleh Panitia SNMPTN. Daftar sekolah yang diundang dapat dilihat di laman resmi SNMPTN jalur Undangan .
  4. Sekolah yang belum masuk dalam daftar undangan dapat mengajukan permohonan resmi kepada Ketua Panitia SNMPTN 2012 dengan menyertakan profil sekolah.
  5. Siswa yang dapat mengikuti seleksi adalah siswa yang didaftarkan oleh Kepala Sekolah masing-masing.


3.2.    Persyaratan Sekolah

Sekolah yang berhak mengikuti Jalur Undangan adalah SMA/SMK/MA/MAK Negeri maupun Swasta yang terakreditasi oleh BAN-SM atau lainnya dan/atau terdaftar pada basis data SNMPTN 2011.

3.3.    Persyaratan Siswa Pelamar
  1. Pendaftaran
    1. Siswa SMA/SMK/MA/MAK kelas terakhir yang akan mengikuti UN pada tahun 2012.
    2. Memiliki prestasi akademik tinggi dan konsisten berdasarkan pemeringkatan oleh Kepala Sekolah, yaitu: masuk dalam peringkat terbaik di sekolah yang sama pada semester 3, 4,dan 5 dengan ketentuan berdasarkan akreditasi (akreditasi sekolah untuk SMA dan MA atau akreditasi jurusan/bidang keterampilan untuk SMK dan MAK), dengan rincian sebagai berikut:
      1. Akreditasi A      : 50% terbaik dan konsisten di semester 3, 4,dan 5
      2. Akreditasi B        : 30% terbaik dan konsisten di semester 3, 4,dan 5
      3. Akreditasi C        : 15% terbaik dan konsisten di semester 3, 4,dan 5
      4. Lainnya          :   5% terbaik dan konsisten di semester 3, 4,dan 5
Pemeringkatan dilakukan sesuai dengan jurusan IPA, IPS, atau Bahasa berdasarkan nilai mata pelajaran yang diujikan dalam UN tahun 2012.
    1. Memperoleh rekomendasi dari Kepala Sekolah.
    2. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di perguruan tinggi.
    3. Tidak buta warna bagi program studi tertentu.
  1. Penerimaan Lulus dari Satuan Pendidikan dan Ujian Nasional, lulus seleksi jalur undangan SNMPTN 2012, sehat, dan memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.


4.    Pendaftaran dan Tata Cara Pendaftaran

Pendaftaran dilakukan secara online dan tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada lamanhttp://undangan.snmptn.ac.id. Tatacara pengisian borang pendaftaran Jalur Undangan dapat diunduh (download) dari laman http://undangan.snmptn.ac.id mulai tanggal 20 Januari 2012.

5.    JadwalSeleksi
 
Pendaftaran Jalur Undangan
1 Februari – 8 Maret 2012 pukul 22.00 WIB
Seleksi Jalur Undangan
9 Maret – 15 Mei 2012
Pengumuman Jalur Undangan
25 Mei 2012 pukul 18.00 WIB
Pendaftaran Ulang yang diterima
12 – 13 Juni 2012


6.    Program Studi dan Jumlah Pilihan
  1. Siswa pelamar dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 (dua) PTN yang diminati.
  2. Siswa pelamar dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 (dua) program studi yang diminati pada masing-masing PTN.
  3. Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan.
  4. Daftar program studi dan daya tampung SNMPTN Jalur Undangan tahun 2012 dapat dilihat pada laman SNMPTN http://undangan.snmptn.ac.id pada periode waktu pendaftaran.
  5. Ketentuan lebih lanjut mengenai prosedurseleksi penerimaan mahasiswa baru melalui SNMPTN Jalur Undangan diatur dan ditetapkan oleh masing-masing PTN yang dipilih siswa pelamar. Siswa pelamar wajib membaca ketentuan yang berlaku pada masing-masing PTN di laman PTN yang dipilih.
7.    Biaya Pendaftaran
Biaya pendaftaran SNMPTN Jalur Undangan Tahun 2012 sebesar Rp.175.000,00 (seratus tujuh puluh lima ribu rupiah) per siswa.

8.    Mekanisme Seleksi
Proses seleksi dilakukan dalam dua tahap, yaitu:
  1. Tahap pertama, siswa pelamar akan diseleksi di PTN pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan program studi pada PTN pilihan pertama.
  2. Tahap kedua, apabila siswa pelamar tidak terpilih pada PTN pilihan pertama, maka akan diikutkan pada seleksi tahap kedua di PTN pilihan kedua berdasarkan urutan pilihan program studi pada PTN pilihan kedua.
9.    Siswa Pelamar Bidikmisi
  1. Calon peserta Bidikmisi terlebih dahulu harus mendaftar ke laman http://bidikmisi.dikti.go.id Peserta yang dinyatakan memenuhi persyaratan akan memperoleh Kode Akses Pendaftaran (KAP) dan PIN.
  2. Apabila calon peserta Bidikmisi direkomendasikan oleh Kepala Sekolah untuk mengikuti SNMPTN Jalur Undangan, maka PIN digunakan sebagai pengganti pembayaran biaya pendaftaran.
  3. Siswa yang memperoleh KAP dan PIN dapat mendaftar/mengisi biodata melalui laman http://undangan.snmptn.ac.id.
  4. Apabila calon peserta Bidikmisi tidak memenuhi persyaratan seleksi Jalur Undangan atau dinyatakan tidak diterima melalui seleksi Jalur Undangan, maka KAP dan PIN dapat digunakan lagi untuk mendaftar SNMPTN Jalur Ujian Tertulis tanpa harus membayar biaya ujian.
  5. Apabila calon peserta Bidikmisi telah dinyatakan lulus melalui seleksi Jalur Undangan dan berkeinginan untuk mendaftar SNMPTN Jalur Ujian Tertulis, maka PIN yang telah diperoleh dinyatakan tidak berlaku dan yang bersangkutan harus membayar biaya ujian dengan menggunakan KAP yang telah diperoleh sebelumnya.
10.    Laman Resmi dan Alamat Panitia Pelaksana
  1. Informasi resmi mengenai SNMPTN dapat diakses melalui laman resmi http://www.snmptn.ac.id.
  2. Informasi resmi lainnya juga dapat diperoleh melalui Twitter SNMPTN: @2012snmptn, Facebookhttp://www.facebook.com/groups/snmptn,http://halo.snmptn.ac.id, dan call center: 08041450450
  3. Alamat Panitia Pelaksana SNMPTN 2012: Direktorat Pendidikan, Gedung Rektorat ITB lantai 4, Jl.Tamansari No.64 Bandung 40116.Telp/Fax. (022) 2530689; e-mail: panitia@snmptn.ac.id
11.    Lain-lain
Segala perubahan ketentuan yang berkaitan dengan pelaksanaan SNMPTN Jalur Undangan Tahun 2012 akan diinformasikan melalui lamanSNMPTN http://undangan.snmptn.ac.id dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari Prosedur Operasional Baku SNMPTN Tahun 2012.

Keunggulan Combined Brake System ( CBS )


                                                           Keunggulan Combined Brake System ( CBS )


  • Combined Brake System ( CBS ): Artinya dengan menggunakan sistem pengereman ini maka dengan satu tuas (left lever) sudah dapat mengaplikasikan front dan rear brake secara bersamaan dibandingkan sistem pengeraman konvensional.
  • Teknologi CBS yang telah diterapkan akan memberikan feeling pengereman yang nyaman bagi pengendara.
  • Jarak pengeraman yang dihasil lebih maksimal.
  • CBS merupakan valuable feature for brake technology
  • Dengan adanya CBS pengendara secara tidak langsung diajarkan cara pengereman yang benar

Obyek Wisata Kabupaten Bulungan Kalimantan Timur



1. Kilo meter 18 Tanjung Selor , jalur arah ke Kabupaten Berau.




2. Kilo meter 17 Tanjung Selor, arah kabupaten Berau



3. Gunung/ bukit Putih Tanjung Palas, arah kabupaten Malinau


4. Gunung Seriang, Km 2 tanjung selor. Arah kabupaten Malinau


5. Air Hangat Sajau, SP 4 . Arah Tanah Kuning Tanjung Selor



5. Museum Bulungan  Tanjung Palas, sisa sisa kerajaan Bulungan.


6. Aliran Sungai Kayan, Tanjung selor


7. Tarian-tarian daerah sebagai hasanah seni budaya ( Tari saman/ tarian dayak, Tarian Tunggal/ tarian    Dayak, Tari Perang/ tari dayak & Tarian Japen/ Bulungan )


8. Batu Tumpuk tanjung Palas Barat, arah Malinau




9. Pantai Tanah Kuning & Mangku Padi, Tanjung palas Timur




10. Goa Tenguyun, satu lokasi dengan Gunung Putih


Demikian Postingan ini sebagai refrensi wisata alternatif dan  wisata budaya bagi wisatawan domestik atau internasional yang akan melakukan liburan dan berwisata ke Kabupaten Bulungan Kalimantan Timur. Selain Pulau derawan di Kabupaten Berau. Semoga bermanfaat..