UJIAN NASIONAL
TAHUN
PELAJARAN 2010/2011
Lembar Penilaian
ujian Praktik KEJURUAN
Satuan
Pendidikan : Sekolah
Menengah Kejuruan
Kompetensi Keahlian : Teknik
Otomotif Kendaraan
Ringan/Teknik Mekanik Otomotif
Kode : 1289
Alokasi
Waktu : 14 jam
Bentuk Soal : Penugasan
Perorangan
|
Nomor
Peserta :
Nama Peserta :
No
|
Komponen/Subkomponen Penilaian
|
Pencapaian Kompetensi
|
|||
Tidak
|
Ya
|
||||
7,0-7,9
|
8,0-8,9
|
9,0-10
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
I
|
Persiapan Kerja
|
||||
1.1. Penggunaan pakaian kerja
|
|||||
1.2.
Persiapan tools and equipment
|
|||||
Skor
Komponen :
|
|||||
II
|
Proses (Sistematika & Cara Kerja)
|
||||
2.1. Tune up
mesin diesel
|
|||||
2.1.1.
Pemeriksaan baterai
|
|||||
2.1.2.
Pemeriksaan air
cleaner
|
|||||
2.1.3
Pemeriksaan sistem pendingin dan tali kipas
|
|||||
2.1.4
Pemeriksaan oli mesin
|
|||||
2.1.5
Penyetelan katup & pemeriksaan PCV
|
|||||
2.1.6
Pengukuran kompressi
|
|||||
2.1.7
Penyetelan injektor
|
|||||
2.1.8
Penyetelan waktu injeksi
|
|||||
2.2. Perawatan
dan perbaikan sistem rem
|
|||||
2.2.1.
Pengangkatan kendaraan (Jacking and blocking)
|
|||||
2.2.2.
Pembongkaran komponen rem cakram
|
|||||
2.2.3.
Pemeriksaan komponen rem cakram
|
|||||
2.2.4.
Pembongkaran komponen rem tromol (belakang)
|
|||||
2.2.5.
Pemeriksaan komponen rem tromol
|
|||||
2.2.6.
Pembongkaran komponen master cylinder
|
|||||
2.2.7.
Pemeriksaan komponen master cylinder
|
|||||
2.2.8.
Perakitan komponen rem cakram
|
|||||
2.2.9.
Perakitan komponen rem tromol
|
|||||
2.2.10.
Perakitan komponen master
cylinder
|
|||||
2.2.11.
Mem-bleeding
sistem rem
|
|||||
2.2.12.
Penyetelan pedal rem
|
|||||
2.2.13.
Penyetelan rem parkir
|
|||||
2.3 Perawatan/perbaikan
sistem starter
|
|||||
2.3.1
Melepas motor starter dari engine
|
|||||
2.3.2
Pembongkaran komponen motor starter
|
|||||
2.3.3
Pemeriksaan kumparan armature
|
|||||
2.3.4
Pemeriksaan field coil
|
|||||
2.3.5
Pemeriksaan sikat dan pemegang sikat
|
|||||
2.3.6
Pemeriksaan kopling starter dan roda gigi
|
|||||
2.3.7
Pemeriksaan magnet
switch
|
|||||
2.3.8
Perakitan motor starter
|
|||||
2.3.9
Pengujian motor starter tanpa beban
|
|||||
2.3.10 Pengujian
motor starter dengan beban
|
|||||
2.3.11 Pemasangan
pada engine
|
|||||
2.3.12 Pengetesan
motor starter pada engine
|
|||||
2.4. Perawatan/perbaikan sistem pengisian
|
|||||
2.4.1 Melepas alternator dari kendaraan
|
|||||
2.4.2 Melepas komponen alternator
|
|||||
2.4.3 Pengukuran komponen alternator
|
|||||
2.4.4 Pengukuran regulator
|
|||||
2.4.5 Perakitan komponen alternator
|
|||||
2.4.6 Pemasangan alternator pada kendaraan
|
|||||
2.4.7 Perakitan kabel pengisian
|
|||||
2.4.8 Pengujian out put sistem pengisian
|
|||||
Skor Komponen :
|
|||||
III
|
Hasil Kerja
|
||||
3.1. Tune
Up motor diesel
|
|||||
3.2 Perawatan sistem rem
|
|||||
3.3 Perawatan sistem starter
|
|||||
3.4 Perawatan sistem pengisian
|
|||||
Skor Komponen :
|
|||||
IV
|
Sikap Kerja
|
||||
4.1. Penggunaan alat tangan dan alat ukur
|
|||||
4.2. Keselamatan kerja
|
|||||
Skor Komponen :
|
|||||
V
|
Waktu
|
||||
5.1. Waktu penyelesaian praktik
|
|||||
Skor Komponen :
|
Keterangan :
·
Skor masing-masing komponen penilaian ditetapkan
berdasarkan perolehan skor terendah dari subkomponen penilaian
·
Dapat dinyatakan “mencapai kompetensi“, jika
masing-masing skor komponen ≥ 7,0
Perhitungan nilai praktik (NP) :
Prosentase
Bobot Komponen Penilaian
|
Nilai
Praktik
(NP)
|
|||||
Persiapan
|
Proses
|
Hasil
|
Sikap
Kerja
|
Waktu
|
∑ NK
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
|
Bobot (%)
|
10
|
50
|
25
|
10
|
5
|
|
Skor Komponen
|
||||||
NK
|
Keterangan:
·
Bobot diisi dengan prosentase setiap komponen. Besarnya
prosentase dari setiap komponen ditetapkan secara proposional sesuai
karakteristik program keahlian.
·
NK = Nilai Komponen, perkalian dari bobot dengan skor
komponen
·
NP = penjumlahan dari hasil perhitungan nilai komponen
·
Jenis komponen penilaian (persiapan, proses, hasil, sikap
kerja, dan waktu) disesuaikan dengan karakter program keahlian.
……………, ………………. 2010
Penilai 1/
Penilai 2 *)
*) Coret yang tidak perlu
KRITERIA
PENILAIAN UJIAN
Praktik KEJURUAN
Satuan
Pendidikan : Sekolah
Menengah Kejuruan
Kompetensi Keahlian : Teknik
Otomotif Kendaraan
Ringan/Teknik Mekanik Otomotif
Kode : 1289
Alokasi
Waktu : 14 jam
Bentuk Soal : Penugasan
Perorangan
No.
|
Komponen/Subkomponen Penilaian
|
Indikator
|
Skor
|
1
|
2
|
3
|
4
|
I.
|
Persiapan
Kerja
|
||
1.1. Penggunaan pakaian kerja
|
Berpakaian
sesuai ketentuan dengan rapih dan lengkap
|
9,0-10
|
|
Berpakaian
sesuai ketentuan kurang rapih tetapi lengkap
|
8,0-8,9
|
||
Berpakaian sesuai ketentuan kurang rapih dan tidak
lengkap
|
7,0-7,9
|
||
Berpakaian tidak sesuai ketentuan
|
Tidak
|
||
1.2. Persiapan tools and equipment
|
Alat/bahan dipersiapkan lengkap dan sesuai kebutuhan
praktik
|
9,0-10
|
|
Alat/bahan dipersiapkan kurang lengkap tetapi sesuai
kebutuhan praktik
|
8,0-8,9
|
||
Alat/bahan dipersiapkan kurang lengkap dan kurang
sesuai kebutuhan praktik
|
7,0-7,9
|
||
Alat/bahan dipersiapkan tidak sesuai kebutuhan praktik
|
Tidak
|
||
II.
|
Proses
(Sistematika & Cara Kerja
|
||
2.1. Tune
up mesin diesel
|
|||
2.1.1
Pemeriksaan baterai
|
Memeriksa
sesuai SOP, tanpa kerusakan dilakukan secara mandiri tanpa bimbingan
|
9,0-10
|
|
Memeriksa
sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sedikit
bimbingan
|
8,0-8,9
|
||
Memeriksa
sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan banyak
bimbingan
|
7,0-7,9
|
||
Memeriksa
sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sangat banyak
bimbingan
|
Tidak
|
||
2.1.2
Pemeriksaan air
cleaner
|
Memeriksa
sesuai SOP, tanpa kerusakan dilakukan secara mandiri tanpa bimbingan
|
9,0-10
|
|
Memeriksa
sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sedikit
bimbingan
|
8,0-8,9
|
||
Memeriksa
sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan banyak
bimbingan
|
7,0-7,9
|
||
Memeriksa
sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sangat banyak
bimbingan
|
Tidak
|
||
2.1.3
Pemeriksaan sistem pendingin dan tali kipas
|
Memeriksa
sesuai SOP, tanpa kerusakan dilakukan secara mandiri tanpa bimbingan
|
9,0-10
|
|
Memeriksa
sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sedikit
bimbingan
|
8,0-8,9
|
||
Memeriksa
sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan banyak
bimbingan
|
7,0-7,9
|
||
Memeriksa
sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sangat banyak
bimbingan
|
Tidak
|
||
2.1.4
Pemeriksaan oli mesin
|
Memeriksa
sesuai SOP, tanpa kerusakan dilakukan secara mandiri tanpa bimbingan
|
9,0-10
|
|
Memeriksa
sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sedikit
bimbingan
|
8,0-8,9
|
||
Memeriksa
sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan banyak
bimbingan
|
7,0-7,9
|
||
Memeriksa
sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sangat banyak
bimbingan
|
Tidak
|
||
2.1.5
Penyetelan katup dan pemeriksaan PCV
|
Menyetel/memeriksa sesuai SOP, tanpa kerusakan dilakukan
secara mandiri tanpa bimbingan
|
9,0-10
|
|
Menyetel/memeriksa
sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sedikit
bimbingan
|
8,0-8,9
|
||
Menyetel/memeriksa
sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan banyak
bimbingan
|
7,0-7,9
|
||
Menyetel/memeriksa
sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sangat banyak
bimbingan
|
Tidak
|
||
2.1.6
Pengukuran kompressi
|
Mengukur
sesuai SOP, tanpa kerusakan dilakukan secara mandiri tanpa bimbingan
|
9,0-10
|
|
Mengukur
sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sedikit
bimbingan
|
8,0-8,9
|
||
Mengukur
sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan banyak
bimbingan
|
7,0-7,9
|
||
Mengukur
sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sangat banyak
bimbingan
|
Tidak
|
||
2.1.7
Penyetelan injektor
|
Menyetel sesuai SOP, tanpa kerusakan dilakukan
secara mandiri tanpa bimbingan
|
9,0-10
|
|
Menyetel
sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sedikit
bimbingan
|
8,0-8,9
|
||
Menyetel
sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan banyak
bimbingan
|
7,0-7,9
|
||
Menyetel
sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sangat banyak
bimbingan
|
Tidak
|
||
2.1.8
Penyetelan waktu injeksi
|
Menyetel sesuai SOP, tanpa kerusakan dilakukan
secara mandiri tanpa bimbingan
|
9,0-10
|
|
Menyetel
sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sedikit
bimbingan
|
8,0-8,9
|
||
Menyetel
sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan banyak
bimbingan
|
7,0-7,9
|
||
Menyetel
sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sangat banyak
bimbingan
|
Tidak
|
||
2.2.
Perawatan/perbaikan sistem rem
|
|||
2.2.1 Pengangkatan
kendaraan (Jacking and blocking)
|
Mengangkat
sesuai SOP, tanpa kerusakan dilakukan secara mandiri tanpa bimbingan
|
9,0-10
|
|
Mengangkat
sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sedikit
bimbingan
|
8,0-8,9
|
||
Mengangkat
sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan banyak
bimbingan
|
7,0-7,9
|
||
Mengangkat
sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sangat banyak
bimbingan
|
Tidak
|
||
2.2.2 Pembongkaran
komponen rem cakram (depan)
|
Membongkar
sesuai SOP, tanpa kerusakan dilakukan secara mandiri tanpa bimbingan
|
9,0-10
|
|
Membongkar
sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sedikit
bimbingan
|
8,0-8,9
|
||
Membongkar
sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan banyak
bimbingan
|
7,0-7,9
|
||
Membongkar
sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sangat banyak
bimbingan
|
Tidak
|
||
2.2.3 Pemeriksaan
komponen rem cakram
|
Memeriksa
sesuai SOP, tanpa kerusakan dilakukan secara mandiri tanpa bimbingan
|
9,0-10
|
|
Memeriksa
sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sedikit bimbingan
|
8,0-8,9
|
||
Memeriksa
sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan banyak
bimbingan
|
7,0-7,9
|
||
Memeriksa
sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sangat banyak
bimbingan
|
Tidak
|
||
2.2.4 Pembongkaran
komponen rem tromol (belakang)
|
Membongkar
sesuai SOP, tanpa kerusakan dilakukan secara mandiri tanpa bimbingan
|
9,0-10
|
|
Membongkar
sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sedikit
bimbingan
|
8,0-8,9
|
||
Membongkar
sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan banyak
bimbingan
|
7,0-7,9
|
||
Membongkar
sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sangat banyak
bimbingan
|
Tidak
|
||
2.2.5 Pemeriksaan
komponen rem tromol
|
Memeriksa
sesuai SOP, tanpa kerusakan dilakukan secara mandiri tanpa bimbingan
|
9,0-10
|
|
Memeriksa
sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sedikit
bimbingan
|
8,0-8,9
|
||
Memeriksa
sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan banyak
bimbingan
|
7,0-7,9
|
||
Memeriksa
sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sangat banyak
bimbingan
|
Tidak
|
||
2.2.6 Pembongkaran
komponen master cylinder
|
Membongkar
sesuai SOP, tanpa kerusakan dilakukan secara mandiri tanpa bimbingan
|
9,0-10
|
|
Membongkar
sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sedikit
bimbingan
|
8,0-8,9
|
||
Membongkar
sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan banyak
bimbingan
|
7,0-7,9
|
||
Membongkar
sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sangat banyak
bimbingan
|
Tidak
|
||
2.2.7 Pemeriksaan
komponen master cylinder
|
Memeriksa
sesuai SOP, tanpa kerusakan dilakukan secara mandiri tanpa bimbingan
|
9,0-10
|
|
Memeriksa
sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sedikit
bimbingan
|
8,0-8,9
|
||
Memeriksa sesuai
SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan banyak bimbingan
|
7,0-7,9
|
||
Memeriksa
sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sangat banyak
bimbingan
|
Tidak
|
||
2.2.8 Perakitan
komponen rem cakram
|
Merakit
sesuai SOP, tanpa kerusakan dilakukan secara mandiri tanpa bimbingan
|
9,0-10
|
|
Merakit
sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sedikit
bimbingan
|
8,0-8,9
|
||
Merakit
sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan banyak
bimbingan
|
7,0-7,9
|
||
Merakit
sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sangat banyak
bimbingan
|
Tidak
|
||
2.2.9 Perakitan
komponen rem tromol
|
Merakit
sesuai SOP, tanpa kerusakan dilakukan secara mandiri tanpa bimbingan
|
9,0-10
|
|
Merakit
sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sedikit
bimbingan
|
8,0-8,9
|
||
Merakit
sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan banyak
bimbingan
|
7,0-7,9
|
||
Merakit
sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sangat banyak
bimbingan
|
Tidak
|
||
2.2.10 Perakitan
komponen master cylinder
|
Merakit
sesuai SOP, tanpa kerusakan dilakukan secara mandiri tanpa bimbingan
|
9,0-10
|
|
Merakit
sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sedikit
bimbingan
|
8,0-8,9
|
||
Merakit
sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan banyak
bimbingan
|
7,0-7,9
|
||
Merakit
sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sangat banyak
bimbingan
|
Tidak
|
||
2.2.11 Mem-bleeding sistem rem
|
Mem-bleeding sesuai SOP, tanpa kerusakan
dilakukan secara mandiri tanpa bimbingan
|
9,0-10
|
|
Mem-bleeding sesuai SOP tanpa kerusakan
dan dilakukan secara mandiri dengan sedikit bimbingan
|
8,0-8,9
|
||
Mem-bleeding sesuai SOP tanpa kerusakan
dan dilakukan secara mandiri dengan banyak bimbingan
|
7,0-7,9
|
||
Mem-bleeding sesuai SOP tanpa kerusakan
dan dilakukan secara mandiri dengan sangat banyak bimbingan
|
Tidak
|
||
2.2.12 Penyetelan
pedal rem
|
Menyetel
sesuai SOP, tanpa kerusakan dilakukan secara mandiri tanpa bimbingan
|
9,0-10
|
|
Menyetel
sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sedikit
bimbingan
|
8,0-8,9
|
||
Menyetel
sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan banyak
bimbingan
|
7,0-7,9
|
||
Menyetel
sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sangat banyak
bimbingan
|
Tidak
|
||
2.2.13 Penyetelan
rem parkir
|
Menyetel
sesuai SOP, tanpa kerusakan dilakukan secara mandiri tanpa bimbingan
|
9,0-10
|
|
Menyetel
sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sedikit
bimbingan
|
8,0-8,9
|
||
Menyetel
sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan banyak
bimbingan
|
7,0-7,9
|
||
Menyetel
sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sangat banyak
bimbingan
|
Tidak
|
||
2.3.
Perawatan/perbaikan sistem starter
|
|||
2.3.1 Melepas
motor starter dari engine
|
Melepas
sesuai SOP, tanpa kerusakan dilakukan secara mandiri tanpa bimbingan
|
9,0-10
|
|
Melepas
sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sedikit
bimbingan
|
8,0-8,9
|
||
Melepas
sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan banyak
bimbingan
|
7,0-7,9
|
||
Melepas
sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sangat banyak
bimbingan
|
Tidak
|
||
2.3.2 Pembongkaran
komponen motor starter
|
Membongkar
sesuai SOP, tanpa kerusakan dilakukan secara mandiri tanpa bimbingan
|
9,0-10
|
|
Membongkar
sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sedikit
bimbingan
|
8,0-8,9
|
||
Membongkar
sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan banyak
bimbingan
|
7,0-7,9
|
||
Membongkar
sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sangat banyak
bimbingan
|
Tidak
|
||
2.3.3 Pemeriksaan
kumparan armature
|
Memeriksa
sesuai SOP, tanpa kerusakan dilakukan secara mandiri tanpa bimbingan
|
9,0-10
|
|
Memeriksa
sesuai SOP tanpa kerusakan dan dilakukan secara mandiri dengan sedikit
bimbingan
|
8,0-8,9
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar