Fuel Pump/ Pompa bensin Yamaha Mio J ini lebih kecil. Dan kapasitas tangki bensin lebih besar, mencapai 4,8
liter. Yamaha Mio J ini membawa teknologi brushless, pompa yang memiliki tekanan lebih besar,
yaitu mencapai 324 Kpa.
2. Fuel Injector
2. Fuel Injector
Lubang injector jenis metic Mio J memang lebih sedikit jumlahnya dibandingkan motor sportnya yaitu V-ixion, yaitu hanya 4 lubang, sedangkan V-ixion berjumlah 6 lubang.
3. MAQS
MAQS adalah singkatan dari Modulated Air Quantity Sensor. Fungsinya menganalisa
jumlah udara yang masuk ke dalam intake manifold. Didalamnya terdiri dari TPS
(Throttle Position Sensor), IAPS (Intake Air Pressure Sensor) dan IATS (Intake
Air Temperature Sensor).
ISC adalah singkatan dari Idling Speed Control. Fungsinya menjaga kelangsaman selalu dalam kondisi ideal berada di
1.600 rpm. Dan sistem kerjanya secara elektronik dan otomatis yang diatur oleh
ECU (electronic control unit). Terdapat Sebuah katup di atur buka-tutupnya oleh
sebuah plunger yang bergerak dengan bantuan stepping motor.
5. O2 Sensor
O2 sensor berfungsi menjaga gas buang sisa pembakaran agar selalu ideal. Sensor akan melalukan perbandinganantara jumlah O2 dari sisa pembakaran dengan O2 udara luar. Dan komponen O2 posisinya ada di lubang exhaust di kepala silinder/ silinder head.
6. Engine Temperatur Sensor
6. Engine Temperatur Sensor
Engine Temperatur Sensor ini berfungsi memantau/ memeriksa suhu mesin. Agar terjadi suplai bahan bakar yang sesuai dengan kondisi keadaan mesin.
7. Lean Angle Sensor
Lean Angle Sensor berfungsi untuk mematikan mesin pada saat pengguna motor terjatuh/ atau dalam keadaan terlalu miring. Tapi komponen ini tidak di pakai pada YMJET-FI ini, karen ada kekhawatiran saat terjatuh/ terjadi kecelakan, gas masih terus terbuka. Dan komponen ini di ganti dengan memasang bandul di ujung setang. Prinsip kerjanya adalah saat terjatuh/ terjadi kecelakaan, selongsong gas akan tertahan untuk tidak berputar. Dan ini berhubungan dengan safety/ keamanan.
8. Crank Angle Sensor
Berfungsi untuk memberikan input timing pengapian berdasarkan posisi kruk as pada YMJET-FI.
9. ECU
9. ECU
ECU singkatan dari Electronic Control Unit. Sistem ini adalah pusat/ otak sistem injeksi dan pengapian pada YMJET-FIJ yang sudah lebih cerdas dan canggih. Karen pada sisitem ini sudah menggunakan memori internal dengan kapasitas memori 2GB. Dimana dengan memory 2 GB, memori ini bisa menyimpan semua kerusakan dan tindakan apa saja yang harus dilakukan setiap ada masalah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar